Kamis, Desember 22, 2011

Mama Ku

Hari ini ibu-ibu seluruh Dunia merayakan hari ibu. Ada yang memberikan ucapan, kado, pelukan, segala macam yang dapat membuat hati ibu, mama, enyak, ummi, emak senang dan terharu..

Saya adalah orang yang sulit mengungkapkan kata romantis atau kata2 sayang, karena mata saya mudah meneteskan hujan (air mata). Rasa sayang saya, biasanya saya ungkapkan dengan sikap dan perhatian. Saya takut apabila kata2 sayang yang saya ucapkan berbanding terbalik dengan sikap saya. Ucapakan kata sayang memang mudah disampaikan, tapi kadang tak sesuai dengan perbuatan.




Katanya sayang sama mamanya, tapi malah sering bikin mamanya nangis. katanya sayang sama ibunya, tapi dinasehatin malah ngelawan. Katanya sayang dengan Bundanya, sms dan tlpon dari bunda sering diabaikan. Katanya sayang sama Emaknya, Nasehat emak sering  di acuhkan. lebih peduli dengan nasehat pacar..

 Mama saya juga orang yang gag terlalu percaya dengan kata-kata. Seingat saya, waktu adek saya kecil. si adek ngucapin..
"ma..adek sayang mama.."
"iyaa..mama tau. makanya kalau sayang sama ma2. Jangan buat mama marah, dengarin nasehat mama.." 
Makanya, ketika saya pulang ke Rumah. Saya selalu bantu pekerjaan rumah, biar mama tidak terlalu repot. mungkin salah satu cara saya untuk menunjukan sayang kepada mama. Pekerjaan rumah mulai dari nyuci, ngepel, nyupir, nyetrika, dan masak (kyak PRT yaa..?). Menjadi seorang ibu RT, gag mudah. Pagi2 sekali mama harus ngajar, siang baru pulang. sebelum ngjar mama beresin nenek yang lagi sakit. Mama gag mau punya pembantu, Toh itu emg pekerjaan ibu RT, kenapa kita kasih ke orang lain. Resikonya mama harus bangun lebih pagi biar ketika kesekolah semuanya sudah beres.

Saya pernah kesal, persisnya gag terima gtu. Saya merasa saya dianak tirikan. Karena, ketika saya tamat SD mama maksa saya harus berpisah dari mama tuk sekolah di kota Padang. Jarak rumah ke kota Padang kira2 butuh 3 jam perjalanan. Menurut saya, mama gag sayang ,  malas punya anak kayak saya, atau mama capek ngurus saya. Mama lebih sayang sama adek2. Niat mama nyuruh saya sekolah jauh, supaya bisa menjadi anak cewek yang gag manja, gag cengeng, dan merasakan lika-liku hidup bahwa hidup itu gag selalu senang..kebetulan saya juga anak sulung hendaknya dapat menjadi contoh adek2.


Mama sering ngomong ke saya.."kalau mama gag ada mama gimana?? apa mau ikut juga sama mama ke kubur??". jadi kenapa saya takut, makanya saya harus bisa merasakan warna hidup dari sekarang. sedih, susah, senang, etc.

Sudah hampir 10 tahun lebih saya pisah dengan mama dan menghabiskan sebagian masa remaja saya di Kota Padang. Sekarang saya merasakan hasil didikan mama. ketika duit lagi menipis, saya harus belajar hemat. kadang puasa atau makan dengan kerupuk, dan makan 1 telur berdua dg teman atau makan cabe aja (hehe.) tapi, saya gag nangis, gag ngadu sama mama2. Orang j dluar sana gag makan.

Mungkin kalau saya dekat mama terus. Saya gag akan merasakan gimana gag punya uang, gimana rasanya kelaparan, gimana sakit ketika gag ada ma2 yg temanin, gimana bertahan hidup ala ank kosan..komplit dah..
*duuh..jadi ke ingat teman seperjuangan..


Mungkin ini lah yang mama inginkan dari saya yang sekarang. Saya yg bisa bertahan dan di andalkan. Ketika, saya tamat MTS, saya seorang diri ngurus sekolah baru. saya jadi iri liat teman2, yang diantar sma mamanya.  ketika saya nyari kosan tanpa seorang mama (sampai2 mama gag pernah samperin saya k kosan  pas SMA, Perhatian mama lebih ke nenek yg sakit2an smpai sekarang).
ketika adek no 1 saya masuk sekolah saya yang ngurus. ketika adek no 2 saya sekolah saya juga yang ngurus (kayak emak2 yaa..??hehe). Saat masuk kuliah pun, mama gag bisa temanin. sekarang pun mama gag tau dimana saya ngekos padahal bentar lagi mau tamat..#parah nian yaa...??

Saya maklum akan itu..Saya gag akan menuntut banyak sama mama. Sejak nenek sakit2an. Perhatian mama lebih tercurah kepada nenek (kebetulan mama anak cewek satu-satunya). makanya mama selalu mengandalkan saya..

Mungkin ini lagu yang dapat melukiskan isi hati saya buat mama..
Yakinlah ma..nama mu ku sebut setiap doa ku..
Semoga tidak hanya pada tanggal 22 desember aja seorang anak menunjukkan kasih sayang pada mama. tapi tiap hari..

A song For Mama

You taught me everythingEverything you've given meI'll always keep it insideYou're the driving force in my life, yeah

There isn't anythingOr anyone that I could beAnd it just wouldn't feel rightIf I didn't have you by my side

You were there for me to love and care for meWhen skies were grayWhenever I was downYou were always there to comfort me

And no one else can beWhat you have been to me you will always beYou will always be the girlIn my life for all times

Mama, Mama you know I love youMama, Mama you're the queen of my heartYour love is like tears from the starsMama I just want you to know lovin' you is like food to my soulYes it is, yes it is, oh, yes it is, yes it is, yes it is oh

You're always there for meHave always been around for me even when I was badYou showed me right from my wrongYes you did

And you took up for meWhen everyone was downin' meYou always did understandYou gave me strength to go on

There was so many timesLooking back when I was so afraidAnd then you come to me and say to meI can face anything

And no one else can doWhat you have done for meYou'll always be, you will always beThe girl in my life, ooh oh

Mama, Mama you know I love youMama, Mama you're the queen of my heartYour love is like tears from the starsMama I just want you to know lovin' you is like food to my soul

Never gonna go a day without youFills me up just thinkin' about youI'll never go a dayWithout my mama

Mama, Mama you know I love youMama, Mama you're the queen of my heartYour love is like tears from the starsMama I just want you to know lovin' you is like food to my soul

Lovin' you is like food to my soul, oh yeahYou are the food to my soul, yes you are
(BOYZ II MEN)





6 komentar:

  1. semoga segera bertemu dengan mamanya. Tapi aku lihat ketika mbaknya ini jauh dari mama malah terlihat lebih mandiri dan dewasa. Semangat mbak!

    BalasHapus
  2. fifin : iyaa..mungkin hri ini mau pulang kkmpung liat mama dkmpung.
    Alhandulillah..yaa gtu deh..
    semangat..*kepalin tangan

    BalasHapus
  3. Pelajaran berharga dari seorang ibu untuk calon ibu...semangat...salam kenal!!!

    BalasHapus
  4. iyaa..met hari ibu juga mbak..
    hari bapak kapan yaa..??hehe

    BalasHapus

Buruaan komentar..selagi gratis..:D