Sabtu, Februari 04, 2012

[Kreasi ] Boneka Kolase

Awal bulan januari kemaren, entah setan apa yg merasuki gw..(lgi pngen pke gw, biar keliatan ank Gaul getoo..). Gw borong beli buku menu masakan dan buku kerampilan tangan. Berhubung lagi diskon gila-gilaan di Gramedia, jadi diborong deh. Kalau gag didiskon belum tentu juga mau borong..maklum lah mahasiswa kere..ckckckck
Jumlah buku yg gw beli berjumlah 13 buaah..waaaaw..fantastiss kan??  harga buku yang paling mahal 10 ribu perak dan paling murah 5 ribu perak. Kenapa gw beli buku begituan, mau tau gak alasannya?? gak mau tau juga gak ama ama kok..eeh gag apa-apa maksudnya..

Karena pengen nambah keterampilan aja. Soalnya malu kali sama mama. Mama jago banget menyulam, mengukir, memahat, bikin kreasi dari tanah liat,blaa..blaa.. yaa maklum aja si mama kuliah ambil jurusan seni rupa. Ya setidaknya gw bisa lah mewariskan air seni mama ditubuh gw..Bukaan.. darah seni maksudnyaa..
Sebagai perempuan yg paling cantik se Indonesia *Muntah7drum* setidaknya keterampilan begituan perlu juga gw miliki, yg penting berguna untuk sendiri dulu. Syukur2 dari keterampilan itu bisa nyari duit, Why not?? #tsaaah..yaa gak..??*kedip2

Gw emg dari kecil emg suka bikin sesuatu gtu. Rasanya puas banget melihat hasil karya kita sendiri, walaupun jelek. Bikin sapu dari sabut kelapa, bikin komoceng dari tali rapia, bikin kotak pensil dari kaleng bekas, bikin tas dari kardus bekas..dll..ntr bnyak kale disebutin, dikiraain pamer pulaa..HeHeHe

Salah satu buku yg gw beli adalah buku Boneka Kolase "kreasi boneka dari kertas bekas" . Gw beli seharga 5 ribu saja..murah meriah mencret euuyy..

Kata kolase itu baru pertama kali gw dengar, karena penasaran, jadinya dibeli deh. Kata "kolase" itu berasal dari bahasa prancis "coller" yang artinya mengelem. Jadi, kolase itu teknik pembuatan kreasi yg menggabungkan dan menempelkan beberapa bagian (gambar atau teks) untuk menghasilkan bentuk baru..

Kayaknya kata muqadimmahnya kepanjangan deh..Oke saatnya  berkreasi...

Alat dan Bahan 
Kertas bekas (misalnya  kertas dari majalah, brosur, koran dll)
Lem kertas
Gunting
Pulpen atau spidol 2 (merah dan hitam)

kerta bekas hasil mulung..lhaa??


Cara Membuat
1.buat bagian-bagian boneka sesuai pola

Pola Badan

Pola Rambut  Belakang

Pola anggota badan

Horeee..pola nya udah jadii..
saatnya menempel..
2. Tempelkan leher (9b) pada pola dasar (9a).
3. Tempelkan kepala (9c) pada pola dasar (9a).
4. Tempelkan rambut depan (9i) pada kepala (9c).
5. Tempelkan kedua lengan (9e dan 9f) pada pola dasar.
6. Tempelkan kedua kaki (9g dan 9h) pada pola dasar.
7. Tempelkan baju (9d) pada pola dasar.
8. Tempelkan rambut belakang (9 j) pada bagian belakang kepala. (maaf yaa..gmbar rmbut blkangnya lupa difoto. difoto pola ada kok)
9. Gambar wajah 

 Boneka kolase sudaaah jadiiiiiiiiiii....ala Yuraa..

Boneka kolase ala "yura"
Gimana bagus gak hasil karya gw??Bagus gag bagus bilang aja Baguuss yaaa...#maksa. Cantikan mana ama orang yg bikin..?cantikan gw kan??#maksa lagi. Boneka ini mau kasih sama adek gw sebagai pembatas buku, biar semangat baca buku nya..
Kalau ada yg mau minta bikinin, telpon aku 727 6x..cause because aku gag tahan lagi. Cause because aku gag punya nyali, ada yg lain sedang memegang tangan mu erat..*lhaa??kok nyanyi seh yuraa?? #saaakaaaawwwwtngkatProvinsi..

Oke, mungkin segini dulu yang bsa gw bikin. Tunggu aja kreasi gw lainnya yaa..
Kalau teman-teman  pengen coba, coba ajaa.. hitung2 mengurangi sampah..
Pesan dari gw..save our earth..#eeeaaak


 


16 komentar:

  1. Waahh aku juga pengen buat nih mbak,,,entar aku coba buat yach semoga bisa,,,hehhee

    BalasHapus
  2. hihihi ..
    lumayan bagus kok
    kreatif-kreatif..
    kayaknya potensial nih di bidang seni .. hahhaha
    salam kenal mbak
    EYSurbakti
    oh iya, udah di follow, bila berkenan folbeck biar bisa silaturahmi ..
    hhehhe
    (www.yyireh.blogspot.com)

    BalasHapus
  3. Assekk..
    Aku mw mba :)

    BalasHapus
  4. Hwiii.. bonekanya cantiiikk. Tapi tetep dink, masih cantikan aku. Hwahahahahaha :D

    BalasHapus
  5. Hwiii.. bonekanya cantiiikk. Tapi tetep dink, masih cantikan aku. Hwahahahahaha :D

    BalasHapus
  6. Waah, kreatif juga kamu. Aku juga pernah lho bikin kayak gitu, tapi aku gantungan kunci yang pake kain flanel terus dalemnya dikasih kapas sintetis itu. Dulu lumayan dapet pesenan temennya adikku yang masih SD. Sekarang udah nggak sempet lagii. Hiks TT

    BalasHapus
  7. @nisya :yaah coba jaa..mana tau lebih bagus dari ini..hehe. ywd, sering2 j mampir biar lebih dekat..hehe

    @mbak fanny:iyaa mbak..scantik yg bikin #ngaca

    @umankz: hoho..tenang dek. ntr aq buatin. 1 juta 1 boneka..ambilnya dimulut macan..hahha

    @armae :makassiii kakak..ya iylah spa dulu yg bkin..iyaa seh cantikkn mak e dri boneka. tpi dari sya mak e kalaah..hahaha

    @wurry: ayoo dilanjutiin aja. mna tau kita bisa kerja sma.hehe

    BalasHapus
  8. Saleum,
    sudah bisa tuh diproduksi utk skala lokal dulu. soalnya gambar di pic tsb sudah bagus lho...

    BalasHapus
  9. heheh keren
    mirip kerjaan ponakan yang di tk...

    BalasHapus
  10. bagus kok. . . . tapi masih cantikan ibukku. . . . hehehehehe... mbak youra nomor 2 deh setelah ibukku gak papa. . . .

    BalasHapus
  11. Nambah ilmu nih akibat baca postinganmu. Dari yang sebelumnya nggak tahu apa itu kolase, jadi paham sekarang. Owh.. begitu ya.
    Oh ya,, karyamu bagus dan menarik.

    Salam, :)

    BalasHapus
  12. Lagi cari gambar-gambar keterampilan kolase buat tugas eh nyasar kesini(?)
    Salam kenal buat yang punya blog
    Bonekanya kawai sumpah dan itu kreatif banget .-.
    Izin dicontoh yah buat tugas sekolah :D
    ThanKYU

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga, yaa..
      boleh...silahkan..dengan senang hati..semoga bermanfaat..:D

      Hapus
  13. buatin juga buat uu dunk yura...
    kepengen

    BalasHapus

Buruaan komentar..selagi gratis..:D