Rabu, Mei 15, 2013

Angkot Gaul gitu lhoo...

Tau gak sih…tempe gak sih..ternyata ternyata bukan orang aja yang bisa gaul. Angkot bisa gaul juga lhoo…pasti gak percaya? Boleh percaya dan boleh gak. Tapi baca dulu info terbaru dan terhangat dari saya,setelah baca kudu harus percaya,asal jangan sampai ganti kepercayaan aja..#eeh??

Oke,daripada penasaran,trus mati penasaran. Akan saya uraikan seterang benderang lampu polip. Disimak disemak-semak yaa...

Mungkin ada beberapa kota di wilayah Indonesia ini yang terjangkit virus angkot gaul. Tapi saya mau cerita angkot gaul di kota Padang. Menurut penerawangan saya dari atas awang-awang,sekitar 80% angkot di Kota Padang,termasuk pada kategori angkot gaul. 

Berhubung duit dalam celengan ayam belum cukup beli pesawat jadi,kemana-kemana saya naik angkot turun angkot. Mau gak mau,sedikit banyaknya ngikutin perkembangan angkot di kota Padang. Para pemilik angkot itu gak tanggung2 mempermak angkot mereka sampai mengeluarkan dana sampai puluhan juta.Pernah saya ngajak teman dari kota metropolitan sana muter2 kota Padang..jadi diajak naik angkot. Ketika angkot berhenti,mereka pada shock sampai hampir pingsan ngeliat jok dan aksesoris yang ada dalam angkot. sampai2 mereka bertanya "ini beneran angkot??keren banget euy.." Ya langsung saya jawablah.."Ya iyalah..masak odong2..". Malah akhirnya,mereka foto dalam angkot. Saya aja seumur gak pernah foto2 dalam angkot.

Kegaulan angkot sudah bisa diterlihat dari bentuk luar. Mulai dari desain warna yang rame,unik bin heboh ditambah lagi dengan bentuk angkot itu sedikit berubah wujud. Gak lupa pakai pakai ban ceper. Liat aja penampakkan luar di bawah ini..







Itu baru bagian luar saja,kalau kita masuk ke dalam,makin keren lagi.  Jok penumpang yang gaul habis. kaca mobilnya ada yang pakai gorden,keren gak tu??ini angkot apa rumah ya?. Bahkan ada beberapa angkot yang pernah saya naiki,lantai dalam angkot itu dipakai keramik..Woow..saya jadi mikir,berapa digaji tukang pel lantai angkot ya??. Segini aja sudah sudah kebayang gimana kerennya ya? Oh,ini belum seberapa. Angkotnya dilengkapi CCTV,kayak rumah pejabat aja pake CCTV segala. Mungkin pak sopirnya takut ntar ada yang nyolong perabotan dalam angkotnya. Pernah saya naik beberapa angkot yang dilengkapi CCTV,saya jadi terkagum-kagum ama sopirnya eeh..ama angkotnya (wah..gwat juga neh,yura ada main ma sopir angkot…ckckck ). Tak lengkap rasanya CCTV gak pake LCD. Bahkan saking keren dan gaulnya,dalam angkot itu 2 buah LCD layar datar,dengan berbagai ukuran. Ada yang kecil dan ada yang besar, setiap hari ku siram semua..mawar melati semuanya indah..eeh..kok saya jadi nyanyi gini ya?maklum TK kena DO. LCD juga ada disambungkan dg DVD dan ada juga dijadiin tv. Jdi walaupun dalam angkot kita bisa nonton juga.


Perhatikan dlm layar itu..kliatan ada pnumpangnya kan??
ini gak kalah kerennya juga..
ini hasil perburuan sndiri,mmpung lgi sepi..;)
Kembali ke masalah CCTV. Letaknya pun beragam. Ada yang terletak menghadap keluar jadi macam2 kendaraan yang ada dibelakang angkot kita langsung keliatan tinggal liat di CCTV yang ditempel diatas,tepat dibagian belakang tempat duduk sopir. Ada juga yang ditarok dekat pintu masuk angkot. Para penumpang yang masuk langsung keliatan di layar tancap LCD. Awal-awal saya naik angkot yang beginian,saya jadi kikuk bin grogi gimana gitu. Bayangin,pas masuk ke dalam angkot,wujud absrurd gini nonggol di dalam layar kaca. Jadi,heran sendiri saya kan gak pernah ikut casting sinetron apa2 apalagi film,kok sudah ada dalam layar kaca. Ngeliat wujud saya nongol di dalam layar kaca,saya gak kuat liat wujud sendiri bawaanya sakit perut gitu,apalagi yang ngeliat saya ya? Jadi,lebih baik saya ngitungi kancing kemeja pak sopir aja..#eeh??#ngacoo

CCTV udah..LCD udah..ini masing kurang. Masih kurang gaul ne,Speaker jangan sampai ketinggalan. Yups,rata2 speaker adalah barang yang harus ada dalam angkot. Yang membedakan masing2 angkot,ukuran speaker nya,kecil atau besar.gaul sebuah angkot klo angkot itu full music,mulai dari lagu Indonesia sampai mancanegara. Makanya,speaker itu penting sekali. Karena,dengan segala fasilitas yang ada diangkot,itu salah satu cara untuk menarik penampung. Apalagi kalau pak sopirnya ganteng kayak personil boyband,dijamin laris manis tu angkot. Baru ngetem kurang 5 menit aja didepan sekolahan,dijamin angkot langsung penuh. Itupun kalau siswanya sudah jadwal pulang sekolah,kalau lagi belajar,ya mana yang naik angkot. Kecuali kalau belajar diatas angkot..#eeh??

Dengan segela kekerenan dan kegaulan model angkot yang ada,ada beberapa hal yang membuat saya kurang nyaman sebagai pelanggan setia angkot. Curcol ne yee..

Rata2 angkot yang dibilang gaul itu,suka ngebu-ngebut dijalanan kayak berasa naik mobil balap. Kayaknya, para sopir angkot belajar nyetir ama valenttino rossi dlu ya..pantesan ngebut2 gitu. Sering kali saya,turun tidak pas dimana turun semestinya.kadang terlewat sampai 1 KM atau saya minta berhenti hari senin,hari kamis baru angkot bisa berhenti..lhaa?? Yura lebay deh..gak gitu juga kale..Makanya,saya suka ngambil ancang2 sekitar 1-2 meter dan meminta stop biar gak kelewatan.

Selain itu,bagi angkot yang makai ban ceper. Kalau lagi jalan dijalanan yang agak sedikit bergelombang dan berlubang,kalau ada didalamnya itu berasa naik odong-odong badan jadi goyang2 gak jelas. Udah ngebut,udah goyang2 gak jelas masih ada lagi..speakernya itu lhoo.. letak speaker  biasanya terletak di ujung sudut kiri dan kanan. Jika ukurnya yang besar,maka itu akan mengurangi kapasitas penumpang. Biasanya satu bangku kecil tempat duduk itu muat 5-4 orang,karena ada speaker kadangnya hanya bisa muat 3 orang. Tapi,kadang sopir tetap maksa buat bergeser sesuai muatan tanpa speaker. Kadang ini yang membuat sebel,udah dikasih tau sempit udah gak bisa lagi,masih maksa “bisa..bisa..geser dikit lagi..”. Ya iyalah bisa bagi pak sopir,dia kan cuma duduk sendiri didepan,coba aja diminta duduk dibelakang pasti bisa ngerasain juga. Kalau saya kebagian tempat duduk paling ujung,dijamin saya itu mirip tikus kejepit pintu.Tragisss

Wah..itu belum seberapa penderitaan yang saya alami..tsaahh..lebay amat ya?. Saya gak melarang angkot buat gak pake musik,mana tau pak sopirnya terhibur dan menghilangkan rasa kantuk saat nyetir. Asalkan,volume suaranya normal sesuai jangan sampai gendang telinga penumpang infeksi. Musik yang keras ini juga faktor yang membuat saya kelewatan turun ditempat seharusnya. Pernah waktu itu,saya terlewat kurang lebih 10 meter. Saya udah ngambil ancang2 biar gak kelewatan. Sudah 2 kali saya bilang “kiri”..belum juga berhenti. Dalam pikiran saya,mungkin pak sopir nyari tempat yg pas buat berhenti,biar gak bikin macet. Eh..ternyata gak juga..kebetulan duduk dipaling pojok dekat speaker. Melihat saya teriak-teriak bergembira tetapi angkot belum juga berhenti. Jadi,seisi angkot bantuin saya dan sekalian paduan suara buat bilang “Kiiiiiiiiiirrrrrrrrrrrrrrriiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii….”.Dan akhirnya,angkot berhenti juga. Kayaknya pak sopirnya lagi mengkhayal deh atau jangan2 saking menikmati perjalanan sampai2 gak kedengaran penumpang minta berhenti.

 Pas turun,saya jadi senyum2 sendiri. Kebayang penumpang tadi dalam angkot pada teriak. Saya jadi mikir,kayaknya saya harus paduan suara dulu baru deh,angkot bisa berhenti. Atau apa saya harus belajar olah vokal dulu,biar suara saya merdu dan membahana..Tsaaah..

Menurut saya,gak ada salahnya menyalurkan kreatifitas dan memodifikasi serta memiliki fasilitas yang gimana gitu. Saya nyaman2 aja,asalkan jangan membuat merasa dirugikan. Kegaulan sebuah angkot tidak dilihat dari seberapa kencang larinya dan seberapa keras musiknya,tapi angkot gaul itu adalah angkot yang mementingkan kenyamanan dan keselamatan penumpang. Hidup angkot..hidup sopir angkot..#lha??

salam kuper..
@U_rha

17 komentar:

  1. angkot di kota kelahiran saya juga ngga jauh berbeda, kak. Ditambah warna-warna yang berbeda untuk setiap trayek..
    trayek ke rumah saya berwarna Biru tua. Keren sekali :D

    BalasHapus
  2. Persis di kota kelahiran saya juga seperti ini, kak.
    keren-keren memang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah..sama donk..
      kpn2 boleh jga ksana tu..

      Hapus
  3. keren-keren emang ni angkot gaul... full music lg. Biar tambah gaul kayaknya perlu ditambahin satu fitur lagi deh yaitu fitur internet mania dengan sinyal yg kuat.... Jadi kita masuk ke dalam angkot trus duduk yg manis lalu keluarin laptop-nya dan hidupkan kemudian mulailah berinternetan. Dijamin angkot bakal penuh 24 jam...semua senang
    #bersyukur



    BalasHapus
    Balasan
    1. haha..
      ide bagus tu bek..
      ntr deh dsampain ama juragan angkot..hehe

      Hapus
  4. wah keren angkotnya, saya angkot ditempat saya belum gaul, bisa ni diajak naik angkot di padang :),

    BalasHapus
  5. yg jelas sy gak mau duduk deket speaker. Bisa sakit kuping saya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. bner mbak..saya gak jga..kcuali kepepet..hehe

      Hapus
  6. articles of interest. indeed
    maybe I would often visit here.
    o it I also got the info:
    Ways Assigned the Money from the Internet

    BalasHapus
  7. alhamdulillah waktu ke Padang sudah nyobain angkot gaul ini...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagus deh Mas..smga gak sakit kupingnya..hehe

      Hapus
  8. busyet..sound sistemnya sampe segitu..kira2 berapa biaya untuk membuat angkot jadi gaul bgitu, apa bisa ketutup biayanya dari ongkos naik angkot yang ada selama ini ya :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa nympe puluhan juta Mas..
      kyknya ada mas..pasarnya itu anak sekolahan ama anak kuliahan..jdi angkot itu sllu penuh..:D

      Hapus
  9. kurang mic untuk karokean kak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah..boleh jga tu ju..
      makin kerenlah..

      Hapus
  10. hahaha
    kok bisa gitu ya?
    mantab banget dah
    Nah ini angkot kalo buat di Jawa terutama di desaku yang ada bakalan rusak semua tu.
    lha ceper gitu haha

    BalasHapus

Buruaan komentar..selagi gratis..:D