Jumat, Januari 04, 2013

Visit Kerinci (Danau Gn.Tujuh) Part 1


Dah hampir setahun ya,saya tak menulis dan mencoret2 blog ini,terakhir nulis tgl 5 des 2012. Sekarang udah 2013 (Kemana aja lu Yura??gk kemana2 kok,aku cuma singgah sbntar di emperan hati muh #eaa#MndadakGombal).

Sebenarnya,jika saya ingat si Blog,saya kasihan  dg blog ini, ia jdi gembel di dunia perblogkan,karena empunya sibuk ilir-mudik di dunia nyata,dan ia menjadi terlantar dan terabaikan. Menderita banget kan??
Alhamdulillah,si Blog mengerti dengan kesibukan binti sok sibuk saya di dunia nyata. Sebenarnya,saya begitu merindukan aktivitas negblog. Tapi apa daya,ada keterbatasan buat ngenet. Mau ngeblog pke Hp,keahlian Hp saya cuma bisa nyenter saat gelap -_-(Curcol ne,yee…:P)

kale ini..lagi dan lagi..saya mau cerita perjalanan baru2 ini (Suerr deh,baru bgtzz neh,masih hanget ne,cba aja pegang..:P),mungkin ini bisa disebut juga catatan perjalanan (Ayoo..pasti banyak yg sirik yaa..Yura kerjanya jalan2 mulu…yak ??#kPDan).

Oke..langsung saja yaa..pasti pada penasaran,ya kan??#NiruGayaSyahrini

Saya menyebut perjalanan super duper dadakan. Gimana tidak dadakannya,baru sehari mendarat di Kota Padang kota tercinta,setelah mengembara dan hidup bareng Suku Anak Dalam dan sekalian silaturahmi mengunjungi sanak keluarga (Kapan2 aja ane cerita yaa..,tulisan pada numpuk dan ngegantung semua,jdi diselesaikan satu2 aja dulu..hehe ^^).Tiba2,saya dikasih racun lagi (diajak plus dirayu2) sama kak Sari,Kak Yandhi,dan Kak Aan untuk “Visit Kerinci”. Dan pada akhirnya,saya memutuskan tuk ikut (mereka membuat hati ku luluh lantak). Mereka pun loncat dan salto dari atas jam gadang,saking senangnya. Secara kalau gak ada saya,gimana gitu. Ibarat makan sayur tanpa garam.Hambar cyiin.

 Pernah dengar nama kerinci gak?? Tau sama Gunung Kerinci yg biasa disebut dg “Atap Sumatera”??klo sudah tau,berarti pas belajar geografi gak ketiduran. Kalau gak tau,buruan aja buka peta,yaa..:). Intinya,kerinci itu tetanggaan ama Sumatera Barat,jarak tempuhnya sekitar ± 7 jam perjalanan darat. Dan Kerinci termasuk kedalam provinsi Jambi. Kalau pengen tau info lebih detail,Tanya sama mbah google..:P


22 – 23 Des 2012

Pagi2 sekali saya harus bangun berpacu dengan matahari,kalau gak bangun nanti rejekinya di gondol maling (apa seh?). Selain rutinitas pagi biasanya,tak lupa adalah mencuci semua pakaian kotor dalam ransel,oleh2 mengembara 2 minggu yg lalu.

Kami berempat (Saya,Kak Sari,Kak Yandhi,dan Kak Aan) berangkat dari Padang tgl 22 Desember,sekitar pukul 21:00 WIB dari Rumah Kak Yandhi. Tema perjalanan kale ini "Ladies Only" walaupun ujungnya,dikerinci tetap janjian ama Boy kok..:).

Sebelum minibusnya sampai di rumah,sopir ama busnya muter2 karena kebinggungan nyari alamat (Kayak Ayu ting2 donk..!!).Kayaknya,si sopir gak gaul bgtz,yaa..msak gak tau.Sepertinya pak sopir harus dilengkapi aplikasi google map neh,biar gak pusing nyari alamat (DijwerAmaPakSopir). Dan perjuangan Pak Sopir dan agennya pun berhasil menemukan rumah kak Yandhi. Horaaiii..(Loncat2DiDpanPgar).

Setelah semua isi rumah..uppss..barang bawaan kita dimasukkan kedalam mobil. Bus pun melaju..bum..bum..bye..bye Kota Padang..aku akan merindukan mu..

Baru berjalan beberapa kilometer,mobil yg kita tumpangi terjebak macet. Penyebab kemacetan terjadi karena,ada truk terbalik di jalur lintas PDG-SOLOK,jadi ada kemungkinan sampai subuh masih disana. Ditambah lagi kemacetan karena jalan lgi diperbaiki (Lngkap sudah pendritaan). Dan saat itu,perang pun dimulai..(lebay)suasana sedikit memanas,antara kita dan sebagian penumpang dengan pak sopir.

Sang sopir menyarankan untuk melewati jalan alternatif lain,melewati pesisir selatan, yang mengharuskan semua penumpang untuk menambah ongkos sebesar 30 rbu. Jika ditotalkan semuanya,kita membayar 100 rbu perorang. Wooww bgtz kan. Setelah adu domba eeh..adu argumen,akhirnya bisa dikorting jadi 20 rbu. Untuk mencari kata sepakat butuh waktu yg cukup lama. Ya udah lah yaa…gak perlu diceritakn hal2 yg menjengkelkan itu,bikin rusak suasana. Saya mau cerita yg baik2  dan yg asyik aja..(sik asik..)

Akhirnya,kita pun mengikuti arah sopir membawa bus ini (Pasrah bgtz yaa..),yang penting nyampe dengan selamat.

Suasana yang beku kayak batu es,bisa dicairkan dengan kehadiran 4 orang penumpang pejantan tangguh yang duduk dibelakang bangku kita. Becanda, tertawa dan ngerayu kita untuk mendaki Gn.Kerinci bareng. Yg penting gak BT lagi,setelah konflik ama sopirnya.hehe

Malam pun semakin larut. Ketika semua penumpang sudah larut dalam mimpi indahnya. Namun,saya masih tetap terjaga. Sesekali mencoba mengayam bulu mata,tapi kantuk tak kunjung datang melanda #tsaah.

Tak terasa,lebih kurang pukul 2 pagi bus pun berhenti di sebuah Rumah Makan yg berada di Kota Painan,Ibukota Kabupaten Pesisir Selatan. Saya mencoba keluar dan menikmati angin malam sambil meregangkan otot kaki. Tak berhenti lama,ternyata nasi nya habis,sopirnya gak jdi makan. Saya mah gak ngaruh. Maklum suka malas makan nasi,klo lagi jalan2. Takut kebelet P*P.hihi (Aneh bgtz saya,ya..masak takut kebelet. Yg pnting sekali shari makan nasi).

Mobil kembali melaju. Ketika mencoba meninabobokan mata. Eeh..ternyata..jalanannya jelek sekali. Saya berasa diatas odong2,walaupun sedikit cahaya,tapi kalau diperhatikan keluar kaca. Banyak lubang2 besar,mobil aja sampai miring2. Virus parno saya pun kumat,takut mobil ini terguling kesamping. Kak Aan yang berada disamping saya,berpikiran yang sama. Namun,dibawa enjoy..All is Well..:)

Perlahan-lahan fajar pun menyinsing..tapi kita belum nyampe juga di kerinci. Harapannya,bangun tidur saya sudah nyampe,eeh ternyata itu masih di daerah Sumatera Barat..weeww..-_-

Mobil pun berhenti sebentar. Dan kita berburu sarapan,anaconda dalam perut kita sudah demo minta diisi (Perut lu aja kle,Yura..). Kita membeli dua piring lontong buat 4  orang(itu pelit apa gak ada duit ya??)oh..bukaaan..itu namanya ROMANTIS,bawaan BT smalam sedikit terbwa mpe pagi. Jadi,sarapan ogah2an. Karena,kasihan ama anaconda dalam perut aja,takutnya anaconda kena gizi buruk makanya harus diisi.

Setelah perut diisi sedikit,Alhamdulillah energy bertambah dan badan sedikit segar,bugar..ulala..(apa seh??)

Pagi pemandangan bener2 menyejukkan mata. Sungai dg airnya yg jernih mengalir deras dan hutan2 yang menghijau,dan ada beberapa kali melihat air terjun. Oh indah sekali. Semoga generasi penerus,masih bisa menikmati hal yg sama. Amiin..

Melihat pemandangan yang demikian,setidaknya bisa membayar keadaan jalanan yang berlubang,becek,dan sesekali menemukan beberapa titik longsoran yg harus membuat kendaraan yg melintas harus tetap waspada.
Setelah melihat perbatasan provinsi dan semakin mendekat ke kerinci. Pemandangan yg ditawarkan semakin indah..Wooww..lihat saja ini..


Air terjun di pnggir jln,gak tau namanya

ini jg gak tau namanya..:)


Saya,kak Yandhi dan teman bercanda dibelakang tempat duduk mengeluarkan kamera masing2. Terlihat bukit2 yg menghijau,kota Sungai Penuh dan kawasan sekitarnya, Puncak Gn. Kerinci ,Danau dan perkebunan masyarakat. Memotret ketika mobil bergerak butuh konsentrasi yg super,ditambah jalannya yg berliku2. Kadang dapat foto yg bagus,ada juga yg blur..nasib2an deh..







Lbih kurang pukul 10 pagi (23/Des/2012) kita sampai di Kerinci,tepatnya di Kota Sungai Penuh.
Lagi2,kita dikecewakan oleh pak sopir,hiks. Kasihan bgtz ,yaa..

Sebelum kita mendaki ke Gunung Tujuh,kita mampir dan Istirahat di       rumah Kak Sandra. Kak Sandra itu temannya kak Yandhi. Dan saya belum pernah bertemu. Ternyata rumahnya terlewat,dan pak sopir gak mau putar balik,katanya buru2. Ya udah,akhirnya kita memilih turun dan jalan kaki. Malas cekcok ama Bapak2,buang2 energi aja..ya gak..?? anggap aja olahraga,hitung2 sekalian pemanasan sebelum nanjak *Positif Think*.

Kedatangan kita disambut dengan golok upppss…bukaaan…disambut bahagia dan hangat oleh kak Sandra beserta keluarganya. Sekaligus ditemani dg secangkir teh panas dan bronis. Makasii ya kaka..:D

Gak kalah pentingnya,Ponakan kak Sandra,Fatih yg berumur sekitar 4 tahun. Mencoba mencuri perhatian kita dengan senyum dan lesung pipitnya yg manis. Woww..manis sekali dek,kakak sampai gak bisa tidur ne,byanginnya..(hahaha #Lebay). Ia masih malu2,mengintip dari balik lemari,mengintip dari balik gorden dan bolak-balik dari dapur ke ruang tamu. Mungkin ada niat hati tuk berkenalan,tapi masih malu2. Mungkin karena grogi melihat pesona kecantikan kita2,yaa…huahaha..

Penasaran dengan cerita selanjutnya,bagaimana 4 perempuan ini menaklukan hati seorang Fatih,yang membuat hati pangeran fatih berbunga2. Saksikan kelanjutannya dibioskop terdekat..#eeh??
Salah..salah..maksudnya,tunggu cerita part 2 nya,yaa..
awass..jgn beli yg bajakan..beli yg original..maju terus musik Indonesia..
muaah..muaah..see you..:D


32 komentar:

  1. Udah kayak sinetron aja pake bersambung segala.. -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe..
      ntr mata nya pedih klo kepanjangan,jdi dbkin bersmbung aja,sklian bkin pnsaran jga..hehe :)

      Hapus
  2. wow...membayangkan perjalan ke gunung kerinci...sungguh penuh sensasi, oke ditunggu kelanjutannya ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan ke gunung kerinci mas..tapi k Gunung Tujuh tetangga Gn.kerinci. tapi itu masuk daerah kerinci jga kok..
      smga aja dalam wktu dekat bsa naik Gn.kerinci..:)

      oke deh..ditunggu ya mas..

      Hapus
  3. ah, motong ceritanya kurang tepat nih yur. Lu mdan teman2 lu alah terkesan pedofil di akhir cerita. hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha..biarin deh..sirik aja lu..
      tandanya kita msih unyu dan imut..hihi

      Hapus
  4. sadaaaap, jadi semakiiin ingin aja naik gunung.. pemandangannya, stunning! ditunggu kelanjutannya kakaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe..ayoo dicobaa..
      iyaa ne..pemndangannya sesuatu bgtzz..kyak ngri diatas awan..:)

      Hapus
  5. aduuhh..jd ngiri... :(
    inadh banget pemadangannya...sejuk...
    ditunggu kelanjutannya yahh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha..jgn ngiri donk..ntr hatinya ada ulat2..#Eeh??

      iyaa ne,bkin segar mata memandang,,

      Hapus
  6. Berasa bangga jadi orang Indonesia :'D

    BalasHapus
  7. wah di samping mobil kok jalannya berlubang, pasti gak pernah gosok gigi ya sebelum tidur hohohohoh, hahaha sarapan apgi ama lontong gitu emang kenyang yur?

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Rinem :haha..tau aja..
      hmm..kenyang donk,perut aku kan kecil..jdi knyang lah mpe mkn siang. emg situ biasa srapan apa emangnya?komodo yaa?haha

      @ahmad :jgn ribut dsini ya..hihi

      Hapus
  8. gua selalu ngiri kalo liat postingan lu yg berbau jalan-jalan gitu, ajakin gua dong kali-kali.

    gua tunggu deh cantik lanjutannya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha..peace heni..tak boleh iri yaa..pmndanga dikota lu kyknya bagus2 jga tu..

      kapan gw ke jawa yaa..ntr kita jalan bareng2..sklian ajak ank BE yg mau ikut..hehe

      Hapus
  9. yg lama aku inginkan dr dulu adalah bisa jalan-jalan. kapan bisa ngikutin kamu ya... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo ada waktu luang,manfaatin aja.biar lbih knal dg ngeri sndiri..:)

      Hapus
  10. kirain kerinci yang ada di riau. ternyata di jambi -_-.

    entah kenapa kalo jalan ke sumbar banyak yg kecelakaan

    segini panjangnya masih bersambung juga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukaan..diriau itu pangkalan kerinci..

      iyaa masih ada smbungannya,knapa mas??capek ya bacanya??liatin fotonya aja biar gak capek..hehe

      Hapus
  11. Kebayang kalo gue berdiri bersejajar dengan awan :'D I love Indonesia.
    Kapan2, ajak gue naik gunung ye :D dan sambungannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. assik..pasti keren bgtzz tu..kyk pngeran diatas awan..#eh??

      oke sipp..kasih tau aja yaa..

      Hapus
  12. Putra Minang ya brur?
    Keren jalan jalannya.... btw segini banyak koment kok gak ada yg di bales,sayang banget lho

    ************************************************************************

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukaaan..aku putri minang..alias gadih minang..

      hehe..iyaa ne..

      iyaa mas,ne udah ane blas.maaf ya..telat..koneksi intrnet trbatas..

      Hapus
  13. diatas awan cuii... fotonya aja keyen, pasti aslinya lebih keyen apalagi kalo ditemenin mbaknya pas kesananya *modus

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha..
      ente emg jagonya ngegombal deh..
      bikin ane melayang2 diudara ne..hehe

      Hapus
  14. sikap supir yg bkin ilfil kayaknya bakal terhapus dg acara jalan2nya yg asik ya :)

    BalasHapus
  15. jadi itu cewek semua?
    sopirnya nyebelin banget tuh..
    tapi pemandangannya keren banget.. :D
    jadi pengen jala-jalan ke sana.. :)

    BalasHapus
  16. Indah sekali air terjunya ...

    suwegerrr ... Æ ̴̴̴̴̴̴͡.̮Æ ̴̴͡

    BalasHapus
  17. air terjunnya bagus, bener2 asik ya suasananya di sana pasti

    BalasHapus

Buruaan komentar..selagi gratis..:D