Sabtu, Januari 26, 2013

Visit Kerinci edisi Special Danau Kaco


Haii..boys and girls..apa kabarnya?? Semoga makin kece,cetar membahana,badai,ulala yaa.. (aduh..kok jdi mndadak Syahrini gini yaa??)



Oke,postingan kale ini masih bercerita tentang perjalanan ke kerinci beberapa minggu yang lalu. Pasti pada penasaran nungguinnya ,ya kan?? *PD amat ente ya,Yura*
Setelah dari Danau Gunung Tujuh,kita melanjutkan perjalanan  kembali mengunjungi destinasi yang gak kalah kerennya..#tsaah. Ini Ciyus lo..



26 Desember 2012

Pagi-pagi sekali kita sudah bangun. Karena,kita akan mengunjungi danau kaco (danau kaca),dan malam harinya kita mau pulang ke kota Padang tercinta. Jadi,harus cepat bergerak biar gak ketinggalan mobil. Danau kaco yang berada di Desa Lempur,  Kecamatan Gunung Raya, Kab. Kerinci. kurang lebih sekitar 1 jam perjalanan menggunakan kendaraan dari kota Sungai Penuh . Perjalanan ke danau Kaco kali ini lebih rame,Kak Sandra, Bg Simon, Bg Dayat Dan Bg Bento ikut serta. Senangnya..rame euy..

Sekitar pukul 7 pagi,kita mulai bergerak dari rumah Kak Sandra. Sebelumnya kita mampir dulu di Rumah Makan  membeli makanan untuk makan siang. Dan sarapan bersama..


Setelah perut Kenyang dan mata mengantuk kita kembali melanjutkan perjalanan.  Kita menyusuri jalan kearah selatan kota sungai penuh.  sepanjangan perjalanan pemandangan yang disuguhkan gak kalah kerennya. Bawaanya melek terus..celingak-celinguk kiri dan kanan,mana tau ada liat brondong keren..haha #Parah.




Selain itu,dari kejauhan terlihat danau kerinci.  Air Danau Kerinci bersumber dari Sungai Batang Merao dan berhilir di Sungai Batang Merangin.Pesona wisata dari Danau Kerinci ini pun tak kalah menawannya. Di pinggir danau terlihat beberapa orang berkonsentrasi  memancing keributan ikan. Dan sebagian lagi,petani sibuk mengurus sawahnya.

Semakin lama,tak terasa kami sudah memasuki desa lempur. Tak berapa lama,kami melewati Masjid Tertua yang berbahan dasar kayu,kondisinya masih terlihat kokoh. Kami hanya bisa memandang dari dalam kaca mobil,rencananya pas pulang singgah kesana,tapi tidak keburu. Ya..sudahlah..

Jika mau ke Danau Kaco,biasanya kendaraan parkir di Tugu Depati Parbo. Tugu ini dibuat sebagai simbol perjuangan  Pahlawan kerinci ,Depati Parbo melawan belanda pada tahun 1901. Kok saya gak tau yaa??Ya iyalah,belum lahir..
Tetapi mobil Bg Dayat tidak bisa parkir sampai kesana,karena kondisi  jalan yang mengkhawatirkan. Maka kami memarkir kendaraan dekat pintu air dan harus berjalan sekitar 30 menit tuk sampai di Tugu Depati Parbo.

Sekitar pukul 11 pagi menjelang siang,kami semua memulai perjalanan. Berhubung semalam hujan,jalanan yang kita lewati jadi becek dak ada ojek.  Dan kita akan berjalan kaki sekitar 3 jam lamanya.  Jalanan dan keadaan  yang dilewati pun beragam,ada melewati jalan tanah dg bebatuan yg kasar,melewati jalan tanah yang berlumpur, melewati tanjakkan, menyebrang sungai,melewati hutan bambu,pokoknya komplit deh.
Liat saja ini..
(Maaf,lagi malas nulis,liat foto2 aja,yaa..:) )









efek main becek2..kaki yura yg mana ayoo??



@HutanBambu

Nyebrang Sungai
ayoo pegangan yg kuat..:)

Sebelum sampai di tepi danau kaco,kita melewati 2 shelter yang bisa dijadikan tempat istirahat,sambil nunggu teman2 lain yang masih dibelakang.
Tak terasa kaki yang terus melangkah satu-persatu,tiba2 terhenti melihat dari atas keindahan danau kaco dan bergegas untuk turun kebawah mendekati danau. Biru airnya membuat mata terhipnotis. Liat saja ini..





Wow banget kan danaunya??makanya tak salah kalau Kabupaten Kerinci itu diberi gelar dengan” Bumi Segepal Tanah Surga yang Tercampak ke Bumi”.
Air danau kaco bener2 bening dan terlihat sampai kedasar danau. Ikan2 kecil hilir mudik berenang kesana kemari. Walaupun terlihat sampai kedasar danau,Namun kedalaman danau ini menjadi misteri. Menurut cerita rakyat yang dibaca dari berbagai sumber,katanya di dasar danau itu tersimpan intan yang dulu disimpan oleh Raja Gagak yang merupakan titipan pangeran-pangeran yang ingin melamar putri Raja Gagak yang bernama Putri Napal Melintang, karena semua lamaran diterima Raja Gagak,beliau kebinggung sendiri memutuskan memilih yang mana.kemudian raja lari bersama putrinya. Dan perhiasan emas yang dititipkan oleh para pangeran disimpan didasar danau.Dan sampai sekarang sebagian warga masih mempercayai kalau didasar danau masih ada intannya.

Bahkan,beberapa tahun lalu,warga mencoba mengeringkan danau untuk mengambil intannya,nasib naas menimpannya,ia meninggal dunia karena sakit yang tak kunjung sembuh.Sejak kejadian itu,warga tidak berani menganggu danau tersebut yang konon katanya ada intan didasarnya.

Kalau ada teman2 yang mau nyoba ambil,silahkan..hihi. entar kita bagi aja hasil penjualan intannya..haha #Maunya

Selain itu,danau kaco ini bisa dikatakan sebagai bagian dari 15 danau yang ada di seluruh dunia yang memiliki ke khas an yang berbeda,termasuk diantaranya danau kelimutu di flores. Berdasarkan riset Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi,warna danau yang bewarna biru karena terdapat tekanan gas yang sangat tinggi.

Gak kalah pentingnya juga,Danau ini terkenal dengan danau Kristal karena air yang bening,dengan keunikkannya ini,Unesco memasukkanya sebagai salah satu koleksi warisan dunia.
(Sumber Tribun Jambi,dibaca di Kompas.com)

Melihat air yang bening,perut laper karena 3 jaman lebih berjalan dan kaki yang capek tak terasa. Buru-buru saya berjalan melewati pohon yang melintang ditengah danau. Kayu yang licin,butuh ekstra hati2 agar tidak jatuh. Kalau jatuh,basah deh..


Berhubung dikejar waktu,soalnya kita tidak ngecamp dipinggir danau. Jadi,kita harus segera makan,dengan dikomandoi bg Jamie dan kita pun makan bersama,walaupun sebenarnya belum puas seh..kapan2 mesti diulang lagi kesini ne..

Makan yg banyak yaa..dan gak bleh ada sisa..


Sekitar pukul 15:30 kita bergerak pulang dan kembali melewati jalanan yang sama. Sekaligus ditemani dengan rintik2 hujan yang menambah syahdu perjalanan, Walaupun gagal balik ke Padang,karena travel yg sudah dipesan gak mau nunggu. Ya udah lah,yaa..mungkin Tuhan belum kasih ijin buat cepat2 pergi dari sini...hehe

Setelah berjalan selama 3 jam kembali,akhirnya kita sampai juga dititik awal. Setelah bersih2 dari lumpur,kita kembali menuju kota Sungai Penuh.
Tak lupa,setelah sampai dikota Sungai Penuh kita mengisi sumatera tengah di cafĂ© obama (Keren ya obama,buka cabang di kota Sungai Penuh). Berhubung cuaca yang dingin,saya memilih mie rebus biar lambung hangat. Kalau ada menu kompor  rebus special pake telur,pasti saya pilih itu.Sayang gak ada -_- 

Papan nama cafe obama :)

Dan tanpa disadari,ini adalah momen terakhir kebersamaan kita ngumpul lengkap #hiks. Karena,besok pagi,kita (Saya,Kak Sari,Kak Yandhi,Kak Aan dan Velyz) harus cabut ke Padang,kembali ke kampuang nan jauah di mato.
Setelah sampai kembali di rumah Kak Sandra,dan kita pun berpamitan salam perpisahan dan terima kasih dengan Bg Dayat dan Bg Bento karena sudah berkenan menemani kita. Lain waktu semoga kita bisa bertemu kembali..amiin..:D

Malam ini,malam terakhir saya berada dikota Sungai Penuh. Tak terasa waktu berlalu begitu cepat. Ya,begitulah waktu,ia akan tetap berlalu tanpa permisi.

Suhu yang dingin ditambah lelah yang menyelimuti,membuat saya harus mengistirahatkan badan agar besok pagi segar kembali.

27 Desember 2012

Lelah semalam dan kemaren2 masih tersisa,tapi kita harus bangkit dari kasur dan keluar dari selimut. Woi..bangun oiii…diketawaiin Matahari tu..
Kita berberes-beres ria dan siap berangkat. Sebelum berangkat,lagi-lagi kita bikin repot Mama Kak Sandra,beliau menghidangkan nasi goreng komplit dengan ikan hasil pancingan Papa Kak Sandra di Danau Kerinci. Hmmm..Yummy..mak nyuss..

Sambil menunggu mobil yang menjemput kita menuju Padang kota tercinta,Saya ,Kak Yandhi,dan Velyz bermain bareng Fatih. bermacam2lah  tingkah kita,untuk bisa menyesuaikan dengan usia fatih yang masih BALITA..hehe

Sekitar pukul 11 siang,mobil yang kita tunggu yang sudah dibantu mesanin ama Bg Bento (makasii ya Bg Bentoo…)akhirnya datang juga. Dan kita harus berpisah..huhuhu..

ada bahagia dan sedihnya. Bahagianya kembali bisa kembali ke rumah,sedihnya kebersamaan dengan abang2,dan kakak  disini (Duh..berasa paling imut ne..hihi) harus berakhir.

Setelah barang2 bawaan dimasukkan kedalam mobil,tak lupa kita berpamitan dan cipika-cipiki (khusus yg cewek2 aja lo..)
Satu-persatu disalamin,mulai  Papa dan Ibu Kak Sandra, Fatih,Kak Sandra,Bg Simon dan tak lupa ama Bg Jamie yg tetap setia menemani kita,mulai dari Gn.Tujuh ampe Pulang..semoga gak bosan2 nemanin kita2 lagi yaa Bg..:) #Kedip2BgJamie

Kita pun masuk kedalam mobil dan mengambil posisi duduk masing2. Mobil mulai bergerak,dan dari balik kaca kita melambaikan tangan..da..dah..daaah..
Dan dalam mobil langsung mewek berjamaah “huhuhu…hiks..hikss..”(tapi gak sampai bercucuran air mata darah kok..)dan merencanakan akan kembali lagi kesini..#Okesipp

Hmm..sepertinya,Catatan Perjalanan dengan tema Visit Kerinci untuk edisi tahun 2012 berakhir sudah,terima kasih buat teman2 yang sudah setia membacanya,jika ada kata2 yg kurang mengenakan,saya mohon maaf . Kalau ada yg baik2nya silahkan diambil,maklum saya tak luput dari salah,sempurna milik andra n the backbone..#eeh??

Tak lupa,big thanks buat Kak Sandra beserta keluarganya,yang sudah kita repotin,hehe..semoga gak bosan2 terima kehadiran kita lagi disana,yaa..:)
Bg Dayat,Bg Bento,Bg Simon dan Bg Jamie..makasiiiiiii buat semuanyaa yaaa..(binggung mau bilang apa lagi..)

Kita bersyukur bisa kenal dengan semuanya..menemukan keluarga baru ditempat yang baru..
Kita akan merindukan kebersamaan dengan semuanya..semoga lain waktu,Tuhan masih memberikan kesempatan untuk bisa kembali kesana..amiiin..
Muaach..muaachh..#peluksatu2

(waduh..kok saya mendadak centil gini,yaa..?? #abaikan)




52 komentar:

  1. gue kira itu foto kaki foto batang pohon -.-

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha..enak aja..
      itu akar pohonnya..hehe

      Hapus
  2. huuuuaaaaa, yura,, bening banget tu danau Kaco,,

    BalasHapus
  3. efek main becek2......foto kaki2 para gadis ini begitu menawan hingga bebek susah ngebedain itu kaki manusia apa kaki onta abis nyebur ke got:.............wkwkwkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. aah..bebek bisa ajaa..
      tapi lbih cantik kaki kita2 daripda kaki bebek y kan??

      Hapus
  4. blogger travel :)

    itu danaunya biru banget..keren ya..bisa biru bgt gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa ne..biru bgtzz..bkin seger mata memandang..hehe

      Hapus
  5. wuhuuuu,, keren ya,,,
    tapi,aq heran juga ni, yourha nya kok jadi centil gini ya,padahal biasanya kan enggak...,...

    *sok_kenal*
    hihi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa ne..keren bgtzz..

      haha..ya udah,knalan dlu yukk..:)

      Hapus
  6. asik nih jalan-jalan terus. Indah banget pula pemandangannya. terbayar tuntas jerih payah 3 jam jalan kaki, dengan danau itu, bersih banget airnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aah..gak kok bay..klo terus2 capek donk..hehe

      Hapus
  7. itu kalau renang disitu boleh ndk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh..kbtulan gk ada baju ganti dan buru2 pulang,gak mandi deh..hehe

      Hapus
  8. benar-benar petualangan yang sangat hebat...apalagi melihat foto-fotonya menerobos rimba raya demi melihat danau yang subhanallah...sangat indah ya..apalagi airnya yang being dan kebiruan...ingin rasanya segera terbang ke padang melihat fenomena alam ini...luarbiasa,
    btw-foto masjid tua-nya kok tidak ada ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe..iyaa mas..takjub liatnyaa..

      ini bukan di PDG mas,ini di kerinci jambi,8 jaman dari PDG..hehe
      Ayoo ksni aja mas..:)

      Hapus
  9. hohoho.... airnya bikin seger. kok bisa berwarna githu ya? bikin ngiri ingin kesana aja nih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. yoii..
      kata ahlinya seh,bnyak kndungan gas dsana dan kndungan mneral yg tinggi..

      Hapus
  10. waaah...tempatnya nih kayaknya unyu banget buat pelatihan macem LDKS

    BalasHapus
  11. kak yura ayolah ajak adikmu ini jalan-jalan .
    danaunya bening, sebening cintaku *eeaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe..ayoo henii..klo lbran ksni aja..ntr diajak2 jln2 deh..

      Hapus
  12. subhanallah keyen... gambar danau kacanya keyen.. tadi pas pertama lihat kirain itu hasil modifikasi poto digital.. eehhh g taunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. subhanallah keyen bgtz yaa zim..
      itu foto2nya gak ada diedit sma skli..hehe

      Hapus
  13. kelihatannya danaunya kecil ya,
    kalau ada kandungan gas tinggi, apa nggak bahaya main di situ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa mbak kecil..
      InsyaALLAH aman mbak..mgkin gasnya jauh kedalam..

      Hapus
  14. Eh, buset.... Aeirnya biru banget. Tpi kok birunya aneh yak?

    BalasHapus
  15. waw keren sampek beningnya dikasih nama danau kritasl, luar biasa dan di akui dunia pula waw banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. woww..banget deh..
      ayoo ksni nem..hehe

      Hapus
  16. #minta kontak, kirim via email :p

    pokoknya kudu tanggung jawab, maret nanti ane bakalan satronin, minta di anter kesono ...

    BalasHapus
  17. waaah mana fotonya yg lain..??
    kayaknya hijau permai damai gitu tempatnya....
    :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada dsimpan di lappy..

      mau liat lgi yaa??hehe

      yoaa..emg damai dan menentramkan..:)

      Hapus
  18. wiih bening banget danaunya, ah coba kapan kapan kesana ah :D

    BalasHapus
  19. perjalanannya greget banget kayaknya berlumpur gitu, danaunya keren ya kak bening gitu airnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. yoaa..aseh..
      liburan ksni aja..hehe

      Hapus
  20. wadow...mupeng banget sama acara jalan jalanmu.
    Tapi danaunya emang sangarrrrr.....
    Btw udah nonton 'Premium Rush' - sila mampir di blog awak

    BalasHapus
    Balasan
    1. segerrr bgtzz mas..

      blum mas..mau ajakin nonton yaa??hehe

      Hapus
  21. kereeeeennnn danau kaconya.. Tp duduk2 di batang pohon gitu gak takut jatoh ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yoaa mbak..

      sbnarnya tkut jatuh mbak..krn narsisnya tinggi..ttp smile dkmra,pdhl tkut tu..

      Hapus
  22. subhanallah indah sekali pemandangannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa..keren skli ciptaan Allag SWT..:)

      Hapus
  23. Asyik banget ya kak yura.
    Jalan-jalaaaaaann terus.

    #Sirik se sirik-siriknya.

    WUIH ITU AIRNYA KOK BISA GITU WARNANYA KAK???
    *Takjub*

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe..aah..gak juga kok..klo jln2 trus capek donk..

      jgn sirik2 gtu aul..dosa lo..hihi

      krna kandungan mneralnya tinggi aul..mkanya biru gtu..hehe

      Hapus
  24. keren ya. namanya danau kaco jadi inget gatot kaca.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa mbak...kpn2 ksni mbak..hehe

      haha..ada aja mu mbak..:)

      Hapus
  25. danau kaco? baru tau... warnanya biru gituh? hufftttt... pengen liat dgn mata sendiri.

    trims infonya

    BalasHapus

Buruaan komentar..selagi gratis..:D