Kamis, November 01, 2012

Konfirmasi Gender



Huaaa #KeluarDariSelimut..akhirnya, saya keluar juga dari cakang, setelah hibernasi (Beruang donk..!!) dari dunia tulis-menulis. Dan blog ini menjadi gembel dan terlantar di bawah klong jembatan (eeh??) *Puk-puk Blog Yura*. Maafin, Yura ya Blog..gak ada maksud tuk menelantarkanmu. Terutama juga pengunjung blog ini, pasti sudah gak sabaran baca tulisan terbaru dari si Yura kan?? ayoo,ngaku?? tak usah malu..(Gak jga tuh!!jangan k GR-an deh Yura..#Jlebb). Saya harap teman-teman gak berpikiran  aneh, apalagi anggap saya sombong. Baru kemaren dapat award best article, ternyata nulisnya makin malas, macam mana pula..sepertinya, saya tidak berhak mendapatkan itu..hiks..tidaaak…#TeriakPkeToaMesjid. Kalau saya jelasin apa yang menyebabkan hal itu terjadi, rasanya tak cukup menjelaskannya, begitu banyak kata yang akan dirangkai, nanti teman-teman pada terharu dan nangis darah bacanya, trus galau..eeh?. Ijinkan saya nulis cerita yang asyik-asyik kayak di Tasik aja dan gak bikin galau, so pasti bikin awet muda..lha??
SUMPAAAHHH...SAYA KANGEN SEMUANYA #NyiumSatu2#eeh?? (Gak muhrim tau..)


Oke, di bawah awan yang mendung, hujan yang menggantung dan tak tau kapan ia mengandung akan turun menyirami bumi (lha??kok sok puitis gini..!)

Saya pengen menumpahkan ruahkan kegalauan yang entah kepada siapa mau dikadukan..ngadu sama Presiden, pasti beliau sibuk, ngadu ke DPR, pasti diusir satpam, ngadu ke kak seto, sayang udah gak unyu lagi.Kalau gitu ngadu sama dokter boyke aja deh..eeh??

Saya gak tau harus mulai darimana, kayaknya emang mulai dari garis start aja deh (jadi atlit lari ya,Yura?).

Sudah sejak lama saya memendam rasa ini..(ciyeee,jgn2 dipendam2 donk!!ungkapin aja…!!Please deh gak gtu jga kalee..). Masalahnya, antara serius dan tidak serius (Kalau sagitarius gimaan Yur??)

Kalau begitu, to do koin aja,yaa…(Koin mana koin..). Ini masalah status tender saya (Konglomerat ente,yaa Yur..!!Bukaan..Gender maksudnya. Iyaa..Gender…tau kan apa itu gender?? Oke, bagi yg gak tau, biar saya kasih tempe. Gender itu adalah (Serius:Mode On) tempat menampung air iler hujan kalau atap rumah  bolong. Oke sipp..abaikan..itu ajaran sesat..

Kembali ke Ember..


Masalah ini menjadi tanda tanya besar di upil saya, kenapa banyak orang status gender saya sering diragukan, sebenarnya saya juga ragu..haha (Ya iyalah orang2 meragukan,loe sendiri aja ragu..haha). Please, saya gak ragu. Saya itu Perempuan seutuhnya bukan separuh-separuh. Catet Ya…awas klo sampe gak dicatet....


Trus masalah sebenarnya, apa seh Yura?? Jangan berbelit-belit begitu..pusing ne bacanya....


Masalahnya itu, saya sering dianggap Cowok alias Laki (Trus masalah buat lo??Iyaa donk masalah buat gw..). Awal seh, saya cuek aja. Mungkin mereka khilaf. Jadi, saya harus memaafkan kekhilafan mereka. Tapi, saya gak habis pikir dengan orang yang khilaf itu, apa mereka tidak melihat pesona saya sebagai waria wanita. Masak, dikira laki trus..Ondeh Mandeh..jan dikutuak ambo..(Apa seh??)



Ini beberapa bukti yang telah diselidiki oleh Densus 88, Satpol PP, FPI,dan anggota Siskamling seluruh Indonesia.Yang ditemukan di Blog pribadi saya, sepertinya masih ada juga diblog teman-teman yang lain, yang mengira saya itu laki atau pria…#hiks. Sepertinya bukti ini cukuplah..kalo banyak-banyak, ntar saya yang makin nyesek.

Gimana teman-teman mau pada ketawa ngakak sambil salto dari puncak monas, ya??Monggo..saya gak marah kok. Kalau mau ketawa silahkan ambil kantong di pojok kiri (lha??Woii..org ketawa Yura,bukan mabok..!!)hihi


 Itu lah masalah yang saya alami selama ini. Apa klian gak kasihan sama saya yang teraniaya ini?? kasihan gak? Masak, seorang Yura yang cantik dan mempesona waria  ini dianggap laki dan di panggil Mas, Akang dan pernah juga di panggil Abang. Apa salah ku?? huhuhu (Buruan Ngaca Yuraa..!)


Jika kita mengenang kembali masa lampau saya yang kelam. Hal ini sudah pernah terjadi yang membuat saya hampir bunuh diri di bawah batang toge. Kalau begitu, ijinkan saya menceritakannya sedikit..

-Peristiwa 1-
Kejadian ini saya alami ketika TK (Wah..sudah dri TK, gender loe sudah diragukan, pantesan loe jomblo sampe skrg, ya??#Jleb). Ketika itu, saya diajak Mama untuk ikut upacara 17 agustus di lapangan sekolahnya. Sepulang upacara, Mama mengajak ke pasar membeli buah-buahan. Saya pun ikut membantu memilih buah-buahan. Kalau gak salah, Mama membeli buah salak dan jeruk deh. Seperti biasa, penjual buah-buahan itu menawarkan buah-buahannya untuk dicicipi biar dikira gak menipu, ngakunya manis pas nyampe rumah buahnya asem atau busuk. Eh, tapi ini tidak berlaku buat cewek, yaa…wahaii para Bapak-bapak yang punya anak perempuan, kalau ada yang suka atau ngelamar anaknya, jangan disuruh diicip-icip juga kayak penjual buah. Ntar, kalau udah dapat manisnya, nanti anaknya dibuang ke tong sampah, kasihan kan. Tapi, berlaku juga buat para cowok-cowok idola waria wanita. Yang sekarang punya gebetan atau apalah namanya, saya juga gak ngerti istilah pacaran, maklumlah status saya JOROK (Jomblo dari Orok #Jleb). Jangan samakan teman wanitamu, pacarmu, apalagi pembantumu dengan buah-buahan, diicip-icip dulu habis itu ditinggal. Saya mau, kalian memperlakukan mereka seperti berlian, dijagain, disimpan ditempat yg aman, jauh dari jangkauan tangan-tangan jahil, lemari kacanya dibersihin 5 x sehari (Over dosis donk!),dilindungi, seperti kalian menjaga Ibu dan saudara perempuan kalian..#tsaah.

Waduh,ceritanya kok jadi ngelantur gini, seh..Maaf, yaa pemirsa yang budiman yang di rahmati Allah..

Bapak-bapak penjual buah menawarkan buahnya untuk dicicip. Tau gak Bapak itu bilang apa?? Ia bilang seperti ini..
“Yuang, cubo lah salak iko ciek”

(Yuang=Buyuang=Buyung => Pnggilan ank laki2 Minangkabau. Cubo=>Coba Iko=>ini,Ciek=>satu) Gimana, bisa terjemahin sendiri kan artinya?? Cemungudd eaaa..


Rasanya langit mau runtuh, bumi pun berguncang #lebay. Masak semanis ini, saya dipanggil Buyuang. Si Mama langsung cengengesan..


“maaf pak, anak ambo padusi, tu ado subangnyoo”   
 (padusi = Perempuan, ado=ada, subang=anting)
“eeh..maaf yoo buk, kiro ambo, si buyuang”
 (kiro=dikira)


Saat itu, emang seh rambut saya pendek..seperti ini penampakan saya saat negara api menyerang..



Cari aja yura yg senyumnya pling lebar.. heehe...

gimana cantik gak??#Hueek dikira laki-laki itu nyesek habiss. Rasanya, pengen buka bugil trus lari-lari keliling-keliling pasar buat buktiin saya perempuan..#tragis.

-peristiwa 2-
Kalau kasus ini agak sedikit berbeda. Disimak di semak-semak, yaa..!! Ketika, SMP saya sekolah khusus putri (Berarti lo nyasar,donk Yura !! Grrr). Yang semua siswanya putri semua. Tiap minggu, kita menampilkan minat bakat, seperti pidato, nyanyi, MC, Drama, Lelucon, Monolog dll. Jadi, kalau ada drama, saya suka kebagian meranin cowok #aeeh matee. Saya, tak habis pikir. Sering banget saya itu kepilih jadi cowok. Kadang meranin bapak-bapak, anak cowok, bahkan jadi Om-om. Katanya, saya pas jadi cowok. Soalnya, wujud saya gak cantik, gak manis, gak unyu makanya gak cocok meranin jadi cewek. Hal yang menguatkan saya meranin jdi cowok itu karena tinggi. Jadi, para cowok yang merasa kurang tinggi, itu tandanya bukan cowok sejati #DiSerbuKaumCowok. Efeknya, sampai sekarang rata-rata teman SMP, suka panggil saya Om Yura. Gak tau deh kenapa, mereka manggil begitu, mungkin saya cocok banget meranin jadi Om-om, yaa? Pernah kejadian, saya lagi fokus jalan ditrotoar sambil melihat ke bawah, syukur-syukur nemu duit. Ternyata, ada teman jaman SMP saya di dalamnya. Saat itu angkot lagi nunggu penumpang. Karena sudah lama gak jumpa. Tanpa dikomandoi, teman saya langsung teriak “Om Yuraaa…” (Ya Allah,apa salah ku??). Jadi, seisi angkot pada liatin  keluar. Saya yang fokus ama jalan, dibuatnya kaget setengah mati karena dipanggil Om segala. Bayangin aja, ada cewek agak cantik jalan sendirian  sambil ngitungin kancing baju dan pake rok pula, dipanggil Om. Apa kata duniaa?? Please, jangan panggil Om donk! Pasti orang mengira saya adalah korban pelaku transgender..Tidaaaakkkk…

Baiklah, kita tinggalin peristiwa yang memilukan dan menyesakkan dompet..
Parahnya lagi, ketika di kampus, beberapa teman manggil saya Kuda eeh..maksudnya Uda. Helllooo…Ntahlah, saya tak habis pikir, kok bisa?? Saya gak ada niat untuk menyerupai laki-laki. Yura  ya Yura, apa adanya. Mungkin mereka berfikir, saya itu laki-laki yg terperangkap di tubuh cewek. Jadi, mereka pada manggil uda. Bisa jadi juga, karena saya suka pake kemeja dan oblong ke kampus, suka pake sendal jepit, sandal gunung dan sepatu kets ,ditambah lagi gak bisa dandan, gaya jilbab itu-itu aja, suka pake ransel, jalannya cepat dll. Itu yang membuat saya nyaman. Untuk apa berlomba-lomba bergaya mirip orang lain, sedangkan kita gak nyaman.  Apalagi bergaya untuk mendapatkan pujian dari orang lain, kalau gak ada yang muji, nyesekan sendiri kan?. Menjadi diri sendiri mungkin itu lebih baik, dan orang akan bisa menemukan keunikkan dari kita. Kalau semua berlomba mirip ini dan itu, jadi diri sendiri nya kapan?? Kita dilahirkan dengan segala keunikkan yang bisa membedakan kita dengan yg lain, lha, orang kembar aja beda. So be your self aja lah..#SokBijak.

Kalau dipikir-pikir lagi, jika seandainya saya itu cowok yg terperangkap di tubuh cewek, tapi kenapa saya bisa sedikit masak, suka keterampilan. Bahkan, jaman SMP saya juara 1 menyulam, waktu acara 17 an. Cewek banget ,kan??trus, kenapa saya suka dikira cowok..?? kenapa??#GayaHostSilet

So..kesimpulannya..saya itu Perempuan, cewek, girls  BUKAAN Laki, cowok, pria apalagi waria..heuheu *Puk puk Yura*


59 komentar:

  1. nyeseekkk banget yahh?ciyuss? miapah?? haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak pke bgtz kle..biasa aja tuh!#pmbelaan.. ciyus donk,mi ayam,,:P

      Hapus
    2. haha kasian2 udah berapa abad saya pantau masih saja fansnya memanggil dengan panggilan mas, panggilan jawa padahal bukan orang jawa haha

      Hapus
    3. tega kamu,yaa ran..ktwain yra..
      ywd,klo gtu yr manggil ente,tante aja deh..biar adil..#eeh??

      Hapus
  2. kayaknya harus pasang fotonya yang kelihatan ceweknya mba..hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Spertinya emg bgtu,trus dandan dlu disalon baru deh difoto..hoho

      Hapus
  3. haha tp emang bener, yura kyk cowok yg waktu kecil :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kan waktu kecil yoga,,skrg gak lgi kan??

      Hapus
  4. saya percaya kok kalo kamu itu benar 101% prosen cewek asli :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasi Mas..tpi kelebihan 1 tu..100% aja ckup kok..hehe

      Hapus
  5. Beneran ni? Serius?
    Sabar ya kak yura,..
    Gue juga sempet beberapa kali ngalami kejadian kayak gitu di blog gue maupun blog orang lain waktu coment, gue yg nyata2 cowok tulen dipanggil mbak ..
    Yg penting sabar aja ya sambil berharap mereka kembali ke jalan yg benar secepatnya.
    **ngeLapin air mata**

    BalasHapus
    Balasan
    1. beneran donk..duariua,aquarius malh..
      iyaaa bek..kaka sabar bgtzz malahan..#MkinkncangNangisnya

      Hapus
    2. jangan nangis lagi ya...ntar bebek bawain tisu...

      Hapus
    3. sklian aja bak mandi bek..tuk nmpung air matanya,biar gak melimpah..

      Hapus
  6. hahaha ..
    baik pak yura .. ada yang bisa saya bantu ?

    hmm ... jleb juga yaah dikira cowok gitu ..
    pasti enelan cakit rasanya ...
    jleb :P

    nikmatin aja .. hidup gak cuma buat mikirin gender aja :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mkasi ibuk edotz..ada ne,saya mau gantung diri dbwah btang toge #eeh??

      enelan bgtz atitnya dot..atit bgt mlhan..#MnddakAlay

      iyaa..dluar sana sring gonta-gnti klmin cuek aja tuh..#eeh??

      Hapus
  7. itu poto tahun berapa yak? ~garuk2 kepala~ mungkin waktu presidennya masih ir soekarno hahaha just kidding

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha..itu foto jaman perang dunia ke dua..sblum soekarno jdi prsden..#eeh??

      bagii kiddingya donk! (kpikiran maknan)

      Hapus
  8. hhmm sobar uni, baok batanang, hahaha
    ya yg pentingkan isi dalamnya itu loh. Jangan smpai gnti kelamin gra2 beginian,,hhe
    ya mungkin mreka pnggil bgtu krena khilaf. Makanya liat dalamnya juga, bukan liat luar aja #eh? -___-'

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha..lah batanang kok,,
      gak aah..jgn smpe..klo uni cowok,ntr uni pacarin kamu va #eeh??

      Hapus
  9. udah lama gak liat postingannya YouRha? Apa kabar? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe..iyaa mbak..akhir da yg kngen ama yra jga..#hueek
      Alhamdulillah baik mbak..:)

      Hapus
  10. senyumannya manis amat ni..haha yura..gimana bisa gitu ya..
    absurd banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asyik..ada yg muji jg akhirnya..smga itu gak bhong yaaa..dah mlayang2 ne..
      krn gak bsa bgni,makanya bgtu..
      takdir kyknya deh..xixixi

      Hapus
  11. Sabar yo Uni :))
    Mereka mngkin lgi khilaf..

    Tapi klo keseringan juga lama2 nyesek yo. heuheu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau menurut gue cuma mirip cowok dikit aja kok :))
      Hahaha

      Hapus
    2. @santi :iyaa dek..uni sdh terllu sabar malah..#SokSbar

      @robi :maca cih??enelan??sykur deh,wlau cma dikit..

      Hapus
  12. Bwahahaha,, ngakak bacanya. terutama kejadian tragis yang kedua. Om Yuraaaaaaaaaaaaaaaaa... wkwkwkwk :P

    Oooh,. ini toh penyebabnya kemarin tiba-tiba ngomong kangen. Ihhikkk... ada yang kangen saya :))

    Tapi kan sekarang sudah pake jilbab ya Yura,.? Ku kira itu sudah lebih dari sekedar identitas gender. Lebih dari itu. ;)
    *masih nungguin kiriman rendang nih. wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha..tragis bgtz mae..

      iyaa mae,ini pnybabnya..

      iya,skrg dah pke jilbab dari SMP malahan pke jilbabnya..

      doain,scpatnya rendang mndrat di dompu sana..hehe

      Hapus
  13. buahahahahah sabar yak :) gue juga gitu *eh gak deng wkwkwk tp ciyus lowaktu kecil kek cowo :p heheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyak..kaka..#eeh??
      makasi atas kjujuran mu #NngisDbwahShower

      Hapus
  14. sabar ya mas yura *eh, tapi ciyus pas kecil lu kaya cowo mukanya :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasi tante heni..
      henii..jgn trllu jujur lah..nyesek bgtz ne..#guling2DiAspal

      Hapus
  15. wkwkwk ngakaakkk ..masa iya mas yura -____-

    yah setidaknya nanti ada seseorang yang bakal jd suami lu yang bakal percaya banget lu itu cewek :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. masak bgtz tante oges..#eeh??

      smgaa..harapannya seh bgtu..smga mrka gak khilaf milih saya..hihi

      Hapus
  16. saya baru sempat bisa follow blog anda, (wifie lagi cepet hehe) salam kenal salam blogger energi .... follbeck ea ea ea

    BalasHapus
  17. gua curiga postingan ini sebenarnya hanyalah akal2an lu buat permisi, aeh promosi yur. hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. aah..kamu tau aja...

      tu kan,ngtif think lgi..emg gw sales apa,pke promosi sgala..heuheu

      Hapus
  18. Saya malah punya temen cowok, dari kecil mukanya cantik, dan sekarang dia jadi makhluk(?) paling cantik di kelas -_-
    Trus ada juga temen saya cewek, mukanya ganteng banget, lebih ganteng daripada cowok asli masaaa -_-

    Pukpuk ya Mbak Yura..
    Bukan cuma Mbak aja yg mengalami kok ~(^^~)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ohw..ternyata ada org yg snasib dan spnanggungan yaa..

      tpi kn aku dh pke jilbab skrg,gk mgkin kan kliatan ganteng lagi..#hiks

      Hapus
  19. Oalah, cewek to #ClingakClibguk :D

    Sabar :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukaaann..perempuan tulen..

      iyaa..sabar subur bgtz ne..

      Hapus
  20. Hiahahahahaha *Plakkk

    Ahh, masa sih cewe secantik kamu d bilang laki-laki, kampret bener tuh orang, *sok ngrayu yourha

    Ahh cuek ajalah yur, yang penting engga nyusahin kamu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah yaa..ada yg blg yra cntik #uhuk (Ntr duit sogokkannya ditransfer,yaa..krim aja no rekningnya..)

      iyaa..dicuekkin aja..

      Hapus
  21. Huahahahahahahahha...#uhuuk...
    poto pas TK nya macho bgt yura...xixixixi...ganteng bgt mirip sebastian coboy junior #jiaaah kompor
    ...hihihi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh yaa??gw dblg machoo..sesuatu deh. andaikan,klo saya gak lhir dluan dri sbastian itu,pasti skrg dah jdi boyband jga ya..#Ngimpi

      Hapus
  22. tapi liat foto-foto kayaknya emang cowo banget *digeplak* :))Salam kenall :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  23. makasii atas kjujuran muh yg mnyesakkan hati ini..#hiks

    slaam knal jga dari PDG idean..:)

    BalasHapus
  24. hahaha...
    kasian juga bacanya.
    mungkin mereka pas mau komen matanya kelilipan kolor makanya lo dikiran mas-mas.

    sabar aja, tapi yang sebenarnya ga kayakl gitu kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasi bay..ternyata kmu bsa mrsakan pndrtaan ku..#hiks
      makanya,klo kshan jg ikutan manggil mas,yaa..

      iyaa..sabar bgtz malah..ya gak lah..gile aje..brbah wjud jdi cowok beneran..

      Hapus
  25. ah mukanya masih ada ceweknya kok :) *ehemangceweya-_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. ciyus..??makasii sudah jujur...ya dek..
      kaka emg cewek ko..tlong jgn mragukan ke cewek'an ku.#eeh??

      Hapus
  26. Harusnya YouRha syukurin ajah.. ambil fadahnya... itu artinya kamu bisa lebih fleksibel menghadapi berbagai kondisi dimana terdapat batasan antara laki-laki dengan wanita.. kan bisa memilih. *ehh

    BalasHapus
    Balasan
    1. woow..bijak skli mas...#eeh??

      iya,yaa..bner jga tu. klo gtu aku mirip hudson IMB itu donk. spruh cew spruh cow..hoho

      Hapus
  27. woiii kang yourha hhhahah #pisss

    mulai sekarang jadi diri anda sudah diakui sebagai seorang cowok, eh cewek :D

    BalasHapus

Buruaan komentar..selagi gratis..:D