Selasa, Juli 03, 2012

Nostalgila Bareng Irma


Jadi, ceritanya begini..disimak, yaa..ntar diakhir cerita ada kuis. Pemenang utamanya dapat tiket bermalam di kandang macan..haha #kaburr

Awal bulan juni kemaren, kalau gak salah tanggal 9 juni. Irma, teman sekelas, teman sekosan,teman sekamar, teman seranjang (bnran lo, khusus kmr kita t4 tdurnya couple gtu..) sayang tidak sekampung. Dia datang ke Padang. Sudah hampir setahun kita tak bersua #cieeleh. Sejak irma wisuda, dia langsung dideportasi ke daerah asalnya di Palembang sana (kyk TKW aja pke dportasi sgala). Sejak itu pula kita  gak pernah bertemu lagi. Komunikasi kita sering lewat tlpon dan dunia maya (ank gaul, gtu lo...:P)


Saya tak menyangka kita bisa bertemu lagi. Ya, maklumlah Irma juga sudah bekerja jadi waktu untuk main-main sedikit. Kebalikan sama saya, waktu main2 banyak (SKIRIPSI WOIII), tapi duit itu yang sedikit #Jleb. Irma ke Padang ini sekalian menemani siswanya daftar ulang di kampus saya (sjak kpn ente punya kmpus, yra??), kebetulan siswanya lulus lewat jalur SNMPTN undangan di UNP (Universitas Negeri Padang) dengan jurusan yang sama dengan Irma, Pend.Geografi.
Setelah Irma 2 hari berada di Padang, saya baru bisa bertemu. Maklumlah jadwal pemotretan saya disalahsatu majalah flora dan fauna padat banget, karena bolak-balik masuk hutan terus #Ngaco. Yang benarnya, saya lagi sibuk ngurus sekolah adek, di Bukittinggi. Setelah selesai urusannya, saya langsung cabut ke Padang. Pas nyampe dikosan, saya langsung diteriaki..kayak maling jemuran.

“Yuraaaaaaaaaaaaaaaaa….” Sambil cengengesan
Saya pun membalas..
“Iyaaaa….”#Histeris
Setelah kita bersantap malam. Kita langsung curhat-curhatan di kamar.
“nio carito2 samo yura..lah lamo indak carito2, taragak..”(mau crta2 sma yra, sdah lama gak crita2, kangen)
 Wah, ternyata saya dikangenin jga, yaa..hehe #Terharu
Malam itu kita cerita sampai pukul 1 malam. Diselingi juga sesi nemenin irma jemur baju di tengah malam.Ya beginilah efek kalau sudah lama tidak bertemu, banyak yang mau diceritain. Dari A-Z. Berhubung seranjang, kebiasaan kita emang suka cerita2 sebelum tidur ntr ujung2nya ketiduran (Dongeng Sblum tdur gtu loo)..heuheu. Rekor Jam 1 malam ini belum seberapa, pernah kita cerita sampai jam 4 pagi (Jlas bgtz, ibuk2 tkang gossip, yaa :P). Ini karena efek sudah lama gak bertemu juga. Waktu itu, tempat Magang kita pisah, saya dikampung , Irma di Pariaman. Pas ketemu, jadinya kita curhat ampe mulut dower kyak emberrrr…(KangenStngahMati)

Malam itu, saya menemukan sosok irma yang berbeda,irma menjadi sosok hantu yang menyeramkan  eeh salah, maksudnya jadi makin bijaksana dan bijaksini aja. Ya, mungkin pengalamannya sudah lebih dari saya. Dan Alhamdulillah, irma masih lancar pake bahasa Minang. Awas aja, yaa..klo lupa..tak sobek-sobek mulutnya #KtwaSetan. Dan satu lagi, Irma masih kurusssss..(sudah pnsiun jdi ank kos, kok masih kurus, ya??)

Awal perkenalan saya dengan Irma, kalau gak salah saat mau pulang kuliah. Masa2 jadi Maba dulu. Saya mah orangnya cuek, gak terlalu sibuk kenalan sana-sini. Kalau satu lokal, ntr sudah lama kuliah kenal juga..hehe. Waktu itu Irma belum dapat kosan dekat kampus, jadi Irma ngekos bareng temannya dari Palembang,ngekos dekat Kampus Unand (Univ.Andalas). Jarak UNP dan Unand, butuh 1 jam perjalanan, dengan 2 kali naik bus kota. Kebetulan waktu itu saya belum ngekos jga, masih numpang di tempat nenek. Ya..kita suka bareng naik bus nya, kebetulan searah. Dari pulang bareng dan sering ketemu di bus, jadi kita lbih  akrab #tsaah.

Pada suatu hari Irma  berniat mencari kosan dekat kampus, saya pun begitu. Pas ketemu kosan,ternyata hanya bisa menampung 2 orang. Kebetulan, waktu itu kita nyari kosan ber-3 dg satu lagi teman dari Jambi. Berhubung, saya tinggal di tempat nenek, jadi saya persilahkan teman2 yg jauh2 dulu untuk ngekos. Beberapa hari setelah itu, tetangga kamarnya irma ada yang pindah. Jadi, saya yang ngisi. Waktu semester baru, teman kamar irma pindah karena mau sekosan bareng temannya dari Jambi. Ternyata, teman sekamar saya, temannya dari kmpung jga pengen sekamar sama dia, pdahal kamar itu cocok untuk 2 orang. Ya udah, demi kerukunan antar umat beragama, saya pun pindah ke kamar Irma. Sejak itu, kita selalu sekamar sampai Irma tamat.


Sejak sekamar itu  kita makin dekat dan saling mengenal pribadi masing2 #Azze. Irma yang (belum) pintar masak, jdi urusan masak diserahkan kepada saya. Mungkin karena, saya sudah senior dalam dunia perkosan. Tapi, saya gag jago2 amat koq, masih kalah sama Mbak farah quin hehe. Saat saya yg masak, irma kebagian motong2,mtong apa aja, sekalian motong kepala orang, lha??
Kalau urusan apa yg dimasak, Irma selalu ngikut. “Apa yg yra masak, irma makan kok” (yra goreng kutu, mau gak?). pdhal kn gag enak jga, mana tau dia ngidam sesuatu. Jadinya, sbelum masak, saya ngasih beberapa pilihan menu , ntr tinggal milih (dipilih..dipilih..3 seribu..).

Selama kita bersama dalam hitungan 4 thun #tsaah. Alhamdulillah belum pernah berantem dan marah2an gak jelas. Saya juga heran. Padahal, kita adalah 2 orang yg berbeda, baik dari suku, latar belakang, dll. Mungkin karena tingkat saling paham-memahami dan pengertiannya level nenek dewa. Ada beberapa orang teman sekelas dan satu kosan pla, klo di kelas keliatan bgtz mereka lagi ada konflik, diam2en gak jelas, pokoknya tampang aktor antagonis aja.  Kalau masalah senang atau kurang senang, diantara kita pasti ada. Toh, kita  manusia tak luput dari salah. Mungkin karena kita berusaha untuk menjaga hubungan yg baik dan memahami pribadi masing2.Jika, saya sudah diem dan gak seheboh biasanya, Irma gak berani ganggu. Dia tau saya punya masalah, saya pun sebaliknya .Dia pernah juga bilang "Yura klo udah diam seharian, irma takut dan gak berani godain yura" klo Mood saya sudah stabil, ntr diceritain jga. Kalau mau nyari masalah sebenarnya masalah sepele pun bisa jadi pemicunya. Misalnya, masalah kamar berantakkan. Kalau berantakan, kita suka milih membersihkannya  aja daripada ngomel2. Dan gak mau pla nyuruh2.  Jadi, gak ada yg sok berkuasa diantara kita.  Talk less Do more..#korbanIklan (Artinya, jangan tanya saya, yaa!saya juga gak ngerti :P hehe )
Ada tetangga kamar sebelah, masalah pintu terkunci dari dalam saat dia mau masuk, langsung berantem sampai bawa2 orang tua untuk mendamaikan..ckckck

Mau cerita apa lagi, ya?
Oh iya..kalau makan kita suka makan sepiring berdua. Sekalian penghematan piring kotor.hehe. Klo makan sepiring berdua, suka heboh gak jelas,masalah siapa yg habisan nasi sama sambalnya..(makan aja heboh, diluar sana org gak makan, heboh jga..hehe)

yura : “kamu habisin yaa..aku dah kenyang..”
irma :”aku jg dah kenyang..kamu aja lah..”
yura :”kamu lah..kasihaan..mubazirr tauu..”#smbil membagi nasi sama sambalnya..
irma :”yee..gag adil..kebanyakan ne..”#dorong2 nasi ama sambalnya
yura : “ya udah..bagi rataa..ini batas teritorial nasi aku..itu punya kamu..udah kan?
irma :”udaaah..” #lanjut makann..
Kalau kita makan berdua, pasti makannya banyak..walaupun sambal seadanya ala anak kos.oh indahnya kebersamaan..karena momentnya itu bkin semangat makan..hehe

Dua hari yang tersisa bener2 dimanfaatkan untuk bisa bareng2 dengan irma. Saya baru bertemu senin malam, rabu pagi irma sudah come back to Kota Mpek-mpek. Hari selasanya, kita Cuma main ke Pantai Padang dengan teman2 yang lain. Dari pagi sampai menjelang ashar, saya bantuin daftar ulang mantan siswa saya dulu, pada salah satu kampus di Kota Padang, jadi waktu main sama Irma nya dikit banget..
 Setelah urusan selesai, saya buru-buru nyamperin Irma dan teman2 yang lagi makan di KFC Veteran. Selanjutnya, kita akan nongkrong di Pantai Padang dan gila2an sama teman2.
Ini kebersamaan kita di Pantai Padang




Berhubung matahari mulai tenggelam, lalu kita memutuskan untuk pulang ke rumah dan ke kosan masing2. Tak lupa, irma cipika-cipiki dg teman2 yg lain, sbagai salam perpisahan dan suatu waktu semoga kita berkumpul kembali..amiiin

Main bersama di pantai setidaknya sudah bisa melepas rasa rindu .Besok pagi Irma sudah balik ke Palembang #MewekDibawahPohonToge. Malam sebelum berangkat, kita kembali begadang dan melanjutkan cerita yang tertunda #tsaah. Tak lupa, kita makan sepiring berdua lagi..*so sweet*. Pokoknya kita memanfaatkan waktu yg ada.


Rabu Pagi (13 juni 2012)
Dalam hitungan jam sebentar lagi irma berangkat. Rasanya beda. Biasanya, kalau irma ke Palembang pasti kembali lagi ke Padang. Sekarang gak tau kapan lagi datang ke Padang.
Setelah cipika-cipiki, saya melepas kepergiannya. Hampir saja air mata pengantin ini menetes, apalagi klo sampai irma liat. Irma kan tau, saya itu gak pernah nangis didepannya, kalau dia liat saya nangis, pasti ketawa. Jarang-jarang, saya nangis..


Rasa yg dirasakan ini, hampir sama saat irma mau pulang setelah wisuda. Walaupun saat itu saya tidak bisa mengantarnya,kebetulan lagi di kampung jagain adek dan nenek, karena Mama harus ikut Diklat selama seminggu. Salam perpisahan dan permintaan maaf saya kirim  lewat SMS. Walaupun lewat SMS, tapi berhasil bikin air mata saya mengalir..Ada rasa bersalah tidak mengantarkan Irma pada saat itu, saya orang yang selalu ada disampingnya, di kosan, di kelas, pergi main2, dll. Tapi, tidak bisa mengantar kepulangannya. Sedangkan teman2 yg lain bisa, Alhamdulillah Irma bisa mengerti.
ini masih ada beberapa SMS yg saya simpan..

“Irma jga minta maaf, yaah..4 tahun bersama mgkn bnyak salah irma..”
“Bertemu scra baik-baik dan pisah scara baik-baik, InsyaAllah gag ada dendam”
“Aku pasti taragak (kangen) kos bareng kamu..”
"Bguslah, kamu gak lihat aku, ntar aku mewek.."
(Gak liat aja, sudah mewek, apalagi kalau lihat..hiks hiks)


Aduh mau cerita apalagi,yaa? sebenarnya masih banyak serpihan kenangan yang ingin diceritakan. Berhubung tulisannya sudah kepanjangan, nanti mata yang baca bisa rabun, trus ingusnya keluar-masuk, plus mencret2..kan gawat.
Mungkin foto2 ini bisa mewakilkannya..hehe #NarsisnyaKumat

sandal irma tnggelam dalam sawah..kasihaan

twibhi dan twiboy


oh iya..ada satu lagi. Perbedaan yang mencolok antara kita itu, adalah warna kulit. Irma itu putih dan matanya sipit kayak orang Cina, sampai2 siswanya manggil "Ibuk cino". Kalau saya, kebalikannya. Ibaratnya kita itu siang dan malam..hehe

Walaupun jarak memisahkan kita, semoga jalinan persahabatan kita tetap terjaga hingga maut memisahkan..#tsaah. Jika ada kesempatan, saya akan mengunjungi mu ke Palembang sana..:D

"Kesetian itu bukan sedekat apa untuk tetap bersama, tapi sejauh mana seseorang bersedia 
untuk selalu ada"




26 komentar:

  1. kalau saya kebalikannya
    maksudnya lu item ya, yur? :D

    BalasHapus
  2. @catatannyasulung: wah ada yg nyari lawan ne..menurut loe gimna???bisa diliat sndri kan??#KluarinTaringSmaTanduk

    BalasHapus
  3. Hahahaaa bisa mewek juga?
    wah wah harusnya aq jd saksi hidup maahh :D

    BalasHapus
  4. Seru nih kehidupan anak kos. Jadi ingat jaman dulu pas lagi kuliah. Eh, penghematan piring kotor itu penting banget loh, hehehe... *akibat malas nyuci piring

    BalasHapus
  5. Ah, mengharukan sekali ra. Senangnya bukan main pasti ya? Saya baca postingan yg panjangnya juga bukan main ini tanpa ngedip loh, hihi.

    BalasHapus
  6. @ChestNuT:yaa bisa lah..emg anak kcil j yg bisa..wkwkw

    BalasHapus
  7. @Dinnar:hehe..ya gtu deh. wah gawat ne, matanya gak kedip2..tpi gag smpai berdarah2 kan??hihi

    BalasHapus
  8. @Agus Suparwanta:aah..msak?agus..agus..pie iki??lha?
    klo trgak ksni donk..hoho

    BalasHapus
  9. kangen2an sm best friend emang seru bgt ya ^^

    BalasHapus
  10. wih ketemuan ama best friend emang sesuatu banget yah..

    ngakak kalimat terakhir. hitam putih ha ha...

    BalasHapus
  11. Berdarah sih ndak, tapi tiba-tiba jadi encok gitu pinggang saya *GaNyambung

    Dua sahabat saya orang padang ra, cek di list sahabat blogger saya, ada randi dan heri. Main aja ke sana, siapa tahu kalian tetanggaan.

    BalasHapus
  12. Old friends pass away, new friends appear. It is just like the days. An old day passes, a new day arrives. The important thing is to make it meaningful: a meaningful friend - or a meaningful day..

    [quote from Dalai Lama] :)

    BalasHapus
  13. doh asik beud dah kayanya, hihihihiy, untung gak baca sampe abis, jadi gak dapet hadiah ke kandang macan kan ?? wew :p

    BalasHapus
  14. @ke2nai:iyaa..mbak..mlepas kangen..

    BalasHapus
  15. @fifin:iyaa..sesuatu mas #logatsyahrini
    hehe
    wah, saya diktwain. bukan hitam putih mas. cokelat putih kok..:D

    BalasHapus
  16. @Dinnar:Hahaha..parah bgtz efek sampingnya, yaa..ckck
    iya, ntr lgi k TKP..

    BalasHapus
  17. @Cartenz Pyramid:#bgubek2 kamus..hehe
    suka qoute nya..
    titip salam ama dalai lama, ya..
    dalai baru ada gak??hihi

    BalasHapus
  18. @Stupid monkey:klo gtu, yg gag bca smpai habis dpt hdiah jg, bermalam dikandang gorilla..haha

    BalasHapus
  19. wohohohoh... memang seru banget yak jumpa n kumpul bareng lagi ama teman lama.. tapi kalo teman sehari hari malah bosan. hhehehe

    BalasHapus
  20. kangen kangenan , mengharukan ....
    #dalem

    BalasHapus
  21. gue pernah bernostalgia bareng pasha..
    maksudnya pashaepultapigapakejamil

    BalasHapus
  22. senangnya bisa ketemu teman lama :)

    BalasHapus
  23. Baca tulisan ini jadi kepengen ketemu sahabatku di Unand :D

    BalasHapus
  24. pemahaman tingkat dewa ya kak, hahahaha

    weih, udah lama gak ngerasain moment seperti ini
    pasti seru sekali berjumpa dgn soulmate kita dulu....

    BalasHapus

Buruaan komentar..selagi gratis..:D