Minggu, April 21, 2013

Xplore Pesisir Selatan @Pantai Carocok @Pulau Cingkuak @Puncak Langkisau


Makan udah,minum udah,mandi udah,kayaknya sayangin gue aja yang belum ne..eeh?? *Abaikan*. Kembali ke tanktop..

Oke,daripada gue gak jelas dan semakin gak jelas dan keliatan semakin gak waras. Lebih baik gue lanjutin cerita tentang jalan-jalan gue di  Kabupaten Pesisir selatan. Yang belum tau kisahnya,bisa ubek-ubek ini dan ini.

Setelah puas main air sampai basah kuyup,kita langsung meluncur pake perahu kertas menuju Pantai Carocok. Karena,sehabis maghrib kita akan langsung menyebrang ke Pulau Cingkuak untuk ngungsi semalam di sana. Sebelum nyebrang ke pulau cingkuak, daripada bengong kayak kambing ompong. Kita bermain di pantai sambil menikmati matahari sembunyi,bahasa kampung gue di Eropa sana, disebut sunset.

Pulau Cingkuak diliat dri Pantai Carocok

Pantai Carocok

Selesai shalat maghrib,perahu sudah merapat ke pantai,dan kita mengemasi barang-barang dan memindahkannya ke atas kapal. Dan waktunya kita berlayar. Tak butuh waktu berjam-jam untuk sampai ke Pulau Cingkuak. Kurang lebih 10 menit dari pantai carocok. Perahu-perahu disini,tiap hari melayani penumpang untuk mengunjungi Pulau Cingkuak. Terakhir kale gue kesini tahun 2011,kalau gak salah,berarti bener donk..ongkosnya sekitar 10 ribu PP. Kayaknya,belum naik deh sampai sekarang,bawang  aja tu yang pake naik. Kayaknya harga garam aja yang gak naik-naik..oalaah,jiwa emak-emak gue keluar ne,bahas bawang segala *Mulai Gaje*.

Setelah mengarungi samudera menantang badai *lebay amat deh*. Kita pun mendarat di TKP. Kita segera memindah barang dan bergegas mendirikan rumah tenda.

Pada malam itu,penghuni pulau cingkuak lumayan rame. Bahkan ada ibuk2 dan bapak2 dari Kota Bukittinggi yang berkerja pada salah satu kantor pemerintahan ikut semedi disini. Niat banget ne ibuk2 dan bapak2,mungkin karena stress kerja dikantor kale yaa..hehe
Setelah semuanya kelar,masak,makan dan diriin tenda. Kita memilih kesibukkan masing-masing. Ada yang mancing,ada yang guling-guling di pasir,ada yang makan pasir,ada juga yang ngitungin pasir #lha? *Gaje level 2*

Daripada benggong,maka gue,Kak Yandhi,Kak Betty,Bg Uul,Sherley,Tajuax,Ikhsan,dan tari mau mengintari pulau. Gayanya sok-sok an ikut adu nyali gitu. Karena di pulau ini ada makam dan bekas benteng peninggalan portugis. Konon katanya,portugis menjejakkan kaki pertamanya di wilayah Pesisir Pulau Sumatera di Pulau Cingkuak ini.

Dengan gagah perkasa dan berani *cieleh berani ne ye..:P *. Bg Uul mengambil posisi didepan dan gue ditengah2 *keliatan penakutnya yaa..*. Awal jalan,gak takut sih. Santai aja,saking santainya kita foto2 dulu di reruntuhan benteng. Keren banget kan?? 


Wanita sok pemberani :D
foto by kak Yandhi



Berhubung masih berani,kita pun terus berjalan melewati jalan setapak. Dan kita menemukan makam pertama. Ceritanya kan kita pemberani,jadi malah mengamati makam yang cukup besar,sepertinya itu makam orang portugis. Semakin jalan dan arah ke semak-semak dan ngeliat makam semakin banyak. Nyali gue langsut ciut ditambah lagi imajinasi liar gue bayangin yang enggak2 kumat. Ternyata bukan gue aja yang takut. Yo wess,akhirnya kita mutusin tuk balik kanan dengan langkah kaki semakin dipercepat. Akhirnya,kita menyurusi pinggiran pantai sambil menikmati laut dimalam hari. To tuiit..

Matahari pun bersinar dan gue baru sadar kalau semalam gue terdampar di pulau ini *Amnesia Mendadak*#JedotinKepalaKeKarang.Matahari baru nonggol,orang pada sibuk. Ada yang main dengan kepiting,snorkling,swimming,jogging,singing,pusing #eeh?.


Berhubung itu hari minggu,makin siang pengunjung makin rame. Pulau jadi kayak pasar ikan. Kalau mandi dengan air laut,gue agak malas karena habis mandi badan lengket kayak prangko gimana gtu. Akhirnya,gue tergoda juga buat basah2an ama air laut.

Gue,Kak Yandhi,Kak Sari,Tari dan Intan tergoda buat nyoba pisang boat,tau kan?kita mengeluarkan kocek sebesar 15 ribu buat main itu. Setelah pelampung dipasang dan waktunya sabar nunggu giliran sambil ngeliat yang lain main pisang boat juga. Kayaknya bapak2 yang nyeret pisang boat itu niat banget jatuhin orang ke dalam laut. Pokoknya,kalau sudah naik pisang boat,dijamin deh gak ada yang gak basah.Basah semua cuy..

Kita sudah ready kakak..

Tibalah giliran kita naik pisang boat. Gue jadi heran,kok pisangnya bisa gak penyet ya,padahal dah didudukin 6 orang,aneh ya? Lu aja yang aneh tu Yura..bego dipelihara..-_______- wkwk


Horraiii..tarik mang..

Pegang yang kuat..

Kita diajak muter-muter sampai ke Pantai Carocok. Saat itu gue masih nyantai2 dan hepi2 aja. Tapi gue heran,kok bapaknya belum jatuhin kita yaa..gue mikir,kayaknya dia kasihan liat cewek cantik kayak kita diceburin ke laut. Dengan bangga bilang “ye..ye..gak jatuh..gak jatuh..”. Ternyata si Bapak yang nyeret pisang boat itu tak sebaik yang gue kira. Pas sampai di pinggir Pantai Pulau Cingkuak,dan akhirnya kita semua diceburkan ke dalam air..oh..sol sepatu sekali.

liat aja ne foto korbannya..

akhirnya basah jga..kasihaan..


Dengan baju basah dan badan lengket,sebenarnya sudah risih dan gak nyaman. Badan lengket2 gimana gtu. Gue dan beberapa orang lainnya,masih berniat berkeliling pulau dan ngeliat dengan jelas benteng dan kuburan penjajah portugis lebih dekat.

Sisa2 Benteng Portugis

Salah satu makam

Setelah puas main air,keliling pulau dan waktunya kita untuk segera packing2 untuk kembali ke Kota Padang.

Sebelum  pulang narsis bareng di Pulau Cingkuak 

Upss tahan dulu..kita gak langsung cabut ke Padang. Sebelum ke Padang kita mampir dulu di Puncak Langkisau. Dari puncak ini terlihat kota Painan dan Samudera Hindia,pokoknya viewnya dari sini keren deh. Lagipula,puncak ini emang terkenal,karena sering dipakai buat main layang-layang eeh salah..maksudnya paralayang dan sejenisnya,pokoknya yang melayang2 gitu deh. Mulai dari tingkat lokal,nasional bahkan internasional. Woow..super sekali. Kalau ada yang berminat mau main peralayang disini,monggo... Kalau langsung mendarat dalam laut,gue gak tanggungjawab yaa..hehe

Ngaso di Puncak Langkisau





Kayaknya segitu aja promosi sekalin pamer  tempat2  yang keren di Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat dari gue yaa..hehe :D
Semoga makin cinta dan bangga dilahirkan di Tanah Indonesia dengan keindahan alam yang luar binasa biasa cetar membahana..So..Mari kita keliling Indonesia..^_^

62 komentar:

  1. Cntik bnget pas sunset itu..
    Pisang boat..Hahaha...Klo dipakein bhasa indo jdi agk lucu.. Knpa ga kapal/perahu pisang aja skalian ?? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa ne..gak kalah cantik ama orangnya..#hueek

      haha..biar agak2 inggris2 gmn gtu..jdi pisang boat aja..hihi #ngeles

      Hapus
  2. pulau cingkuak cantik banget ya uniii, airnya jernih :)
    itu senjanya ya ampu ya Allah indah banget, uni jalan2 mulu yak -__-

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa jernih Va..sjernih muka ku..#Huuu..

      aah..gak jga.ini dh bbrpa bulan yg lalu..mkanya,iva liburan main k PDG..pkanbru dekat kok..hehe

      Hapus
  3. wuiiih, boleh nih jadi destinasi kalau nanti ane berkunjung ke Padang. Di Jogja nggak ada pulau sih, hehehe.

    BalasHapus
  4. ow ... keyen ... apalagi diatas bukit itu ya, viewnya ... wow ... tapi kayanya panas poll tuh :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa donk keyen mas..yg nulis jga gk klah keyen..#lha??

      aah..gak kok mas..kbtulan ksana lgi mendung,jdi gak pana2 amat.klo mas mau ksni,bawa aja pyung klo takut panas..hihi

      Hapus
  5. wahhh asik banget tu tempatnya.. jadi pengen refreshing kesana.. kira2 ongkosnya berapa yaa hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. so pasti asyyik donk..
      ongkos darimana dlu ya??hehe
      klo dari jakarta krang tau jga..

      Hapus
  6. waaaaahh suka sama pemandangaan pulaunya :3

    BalasHapus
  7. Kak pemandangan nya dibungkus dong 1, cepet :|
    ngiler gue nih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. mau brpa bungkus Bg??
      pedes gak??
      hehe :D

      Hapus
  8. wih, kerennya eh. jadi pengen kesana kan. bayariiiin :|

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa donk...
      ayoo sini..tunggu aku jdi istri presiden ya..
      ntr dbyarin kliling Indonsia..hehe

      Hapus
  9. Aih.... gue pengen kesonooo pengen banget... Btw, kalo nanti mau tanya-tanya tentang pulau cingkuak boleh yaaaaaa.... liat gambarnya langsung jatuh cinta... keren...

    BalasHapus
    Balasan
    1. monggo..buruaan..ntr dipatok ayam..#eeh??

      wah..boleh bgtz..ntr ditraktir aja makannya sebulan ya..hihi
      #Kidding

      Hapus
  10. wah melihat foto pantai carocok jd kangen jalan2 lg kayak bulan januari lalu. Pengen lg rasanya liburan kepantai. Di pku ga ada pntai soalnya. Wkwk

    banana boat aku jg naik kak, gak nyangka waktu itu endingnya dijatuhkan. Sialnya kami dijatuhkan bukan ditempat yg dangkal. .haha, untng pakai pelampung. . Seru bnget nget nget lah. .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya udah..klo liburan ke PDG aja lagi..bnyak pantainya..djmin puas deh..hehe

      iyaa seruu bgtz..knpa kita gk ktemu saat itu yaa..hehe

      Hapus
  11. lah dimana pula pantai carocok itu mbak ?? gue nggak tau,,
    tapi keren pantainya ::DDDDDD

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu di Kab.Pesisir Selatan Provinsi SUMBAR..

      makasii udah dblg keren,jdi tersapu malu..#Eeh??#SalahFokus

      Hapus
  12. pulau cingkuak pantainya keren airnya jernih bling bling
    btw makam siapa itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa..bling2 kayak lampu donk..hehe

      makam penjajah portugis yg mati disana,jdi dimakamkan disana jga..:)

      Hapus
  13. Ahhh, jadi kangen padang :')

    disana yang banyak bule nya gitu kan ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayoo..klo kangen ksnii aja..

      ada jga seh..tpi yg bnyak sering di Pulau Sikuai dan Pulau Cubadak..

      Hapus
  14. Subahanallah kuasa tuhan.
    Ada pantai, bisa ke pulau juga.


    Aaak naik banana boat
    Envi :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya..komplit..
      luar biasa ciptaan Tuhan..

      monggo,dicoba naik banana boatnya..klo lum ktmu makan banana aja dlu..hehe

      Hapus
  15. aaaaaaaaaaaaarrrgh..... pngn jalan-hjalan....
    kapan nih isa jalan-jalan sejauh itu. lama bener dah gak pernah jala-jalan, jd pmngn... :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo lagi libur dan gak sekolah,pergi aja liburan javas..yg dekat2 aja dlu..biar otaknya fresh dikit..hehe

      Hapus
  16. Jadi kangen jalan-jalan lagi keliling sumbar. Klo dah emak2 gini udah susah kemana-mana hiks.
    Eh, tapi klo aku pulkam ke Payakumbuh, yura aku culik ya, ngajakin jalan-jalan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha..mau banget diculik uni..dg senang hatii..kabar2i aja..
      palingan,Mama minta tebusan uni..hehe

      Hapus
  17. pesisir selatan emang keren ya, sayang aku belum pernah kesana, moga ajalah bisa suatu saat kesana, pengen ke puncak langkisaunya, keren tuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. yoaa..pastinya..
      semoga,kesampaian..trus azimnya diculik deh..hehe :D

      Hapus
  18. Bikin ngiri banget. Pingin bgt kesitu naik banana boat -,-"

    BalasHapus
    Balasan
    1. yah..klo mau ksni cma buat main banana boat,gak kejauhan itu dek..
      cari aja yg dkat2 sana..atau naik perahu kertas aja..hehe

      Hapus
  19. Besok gue kesana ahhh.. jadi pengennn foto2 jugaaaa...
    tapi nunggu pintu ajaibnya beres duluu ahhh... :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh2..klo pintu ajaibnya dh siap,ntr saya pinjam ya..hehe

      Hapus
  20. Panorama keindahan alam diwilayah pesisir sumatra memang masih bagus ya, tidak seperti di pulau Jawa,

    Oh iya, itu kalo dari Lampung masih jauh kah...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. lumayan lah..mlewati 3 provinsi lagi..plembang,bengkulu dan jambi..:D

      Hapus
  21. wow .. foto fotonya .. bikin mupeng deh .. kapan bisa ke sana ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kapan ya mbak??yg pnting pulang ke Indonesia aja dlu..:D

      Hapus
  22. huwaaaaa...keren banget di pantai cingkuak daebak banget pingin kesanaaaa..udah airnya masih jernih buanget, naik banana boat jugaaaak...ah, keren!! ajakin akuuuuuuu.
    nah, apalgi waktu di puncak itu bisa ngeliat ke seluruh kota sama pantai. daebak banget!!!

    BalasHapus
  23. wuih keren..bisa naik perahu kertas keliling berwisata,
    pemandangan dari puncak langkisao itu benar-benar menakjubkan mata :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa mas..bkin seger mata memandang..

      Hapus
  24. cie...cie...cie...sunsetnya tuh yang paling keren

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau mau..dibungkus aja mas..:D

      Hapus
  25. Wah... indah banget ya pantai carocok. Ada Banana Boat juga. Lingkungannya jadi terlihat masih sangat terjaga. Airnya juga masih terlihat jernih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas..smga kebersihan ttp terjaga..

      Hapus
  26. hadir kembali menikmati sajian travelling yang menakjubkan :-)

    BalasHapus
  27. Belum Pernah aku naek Banana Boat, pengen suatu saat mencobanya

    BalasHapus
  28. wah.. jadi pengen ke sana. apalagi kalo diongkosin.. hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha..maunya..
      klo gak naik perahu kertas aja ksni..

      Hapus
  29. pantai cingkuak keren banget....pingin banget ketempat-tempat kayak gitu tapi takdir belum mw berpihak...
    Ngomong2, itu makam ama benteng peninggalan portugis serem gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya udah..berenang aja ksni bek..
      klo siang gak serem seh..klo malam sbnarnya gak serem2 amt seh..krn gelapnya j jdi kliatan serem.emg dsarnya aku penakut aja bek..:D

      Hapus
  30. berapaan harganya naik banana boat di pantai carocok?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau gak salah sekitar 15 ribu mas..smga gak ikutan naik saat BBM naik..:D

      Hapus

Buruaan komentar..selagi gratis..:D