Rabu, April 03, 2013

Sekilas tentang Bahasa Minang


Tak terasa ya..udah bulan baru aja ya..tapi dompet saya masih kosong juga ne,gak nambah-nambah,sama ama hati. Kosong.*Abaikan*

Oke,kale ini saya mau membahas sedikit tentang keunikan bahasa Minang. You know lah,yaa..saya itu asli orang Minang *aah..dah tau kok..* tapi masih belum jago bikin rendang..dikit-dikit bisa lah,bisa makannya gtu..hihi

Sebagian besar orang2 pada tau,kalau bahasa Minang itu tinggal ditambahin huruf “O” aja dibelakangnya..oh tidak semua juga kawan. Memang ada,tapi gak semua.
Misalnya..

Iyo = iya
Apo = Apa
Kudo=kuda
Lupo =lupa

Jika dikira bahasa minang semuanya dipake huruf “O’,gawat juga itu..jadi aneh donk bahasanya. Misalnya makan jadi makon,minum jadi minom. Makan dan  Minum tetap seperti itu gak ada yang perlu ditambahin,cukup tambahan aja gula biar saya tambah manis gtu..*lha??apa hubungannya coba??*

Nah,selain itu..bahasa minang itu hemat. Kata pepatah,hemat pangkal kaya..gak ada hubungannya kan?emang gak ada hubungan kok..hehe
Ada beberapa kata yang mencoba menyingkat kata dasarnya. Misalnya begini ne..

Dimana = Dima
Kemana = Kama
Berapa= Bara tampubolon

 kalau dicontohkan dalam kalimat..
“kama tadi malam?”
“uni..Bara harago rambutan sakilo??”
Pada ngerti kan? Pasti ngerti lah yaa..gak susah2 amat kok..hehe

Selanjutnya, kalau ada kata yang dibelakangnya ada berakhiran “Ing” maka dalam bahasa minang menjadi akhiran “Iang”.
Contohnya begini..

Kucing=Kuciang
Anjing=Anjiang
Kambing=kambiang
Pusing=Pusiang



tapi kalau V+ing dalam bahasa Inggris dirubah dalam bahasa minang,pasti lucu dan aneh banget ya..
misalnya..
Singing=Singiang
Swimming=Swimmiang
Jogging=Joggiang

Kalau make beginian,dijamin deh bule2 pusing 7 keliling..kalau ada yang mau praktekkin,monggo..hehe. Jangan sampai bulenya pusiang-pusiang tujuh kaliliang..

Nah masih ada satu lagi ne temans..jangan beranjak dulu dari layar kaca anda..
Ini tentang  kosakata bahasa Minang yang jika digunakan ke dalam bahasa Indonesia dan bahasa daerah lain,artinya akan berbeda..
Misalnya..
Capek (Minang) artinya “cepat” berubah artinya menjadi lelah (Indo).
Galak (Minang) artinya “ketawa” berubah artinya menjadi pemarah (indo) dan beda lagi kalau jika digunakan di daerah Jambi dan Bengkulu. Galak itu menjadi “Mau..”. Saya tau artinya ini waktu masih SD,ketika ada anak baru pindahan dari Bengkulu,trus dia tawaran makanan. Sepertinya dia lupa,kalau ini sudah di Padang. Lalu menyodorkan makanan sambil bilang “Galak Yura..” lhaa..saya jadi bingung,saya kan gak ada ketawa..berhubung gue jenius sedikit dibawah oppa habibie,jadi bisa menyimpulkan kalau dia menawarkan makanan buat saya. Lucu ya??

Ketek (Minang ) artinya “Kecil” berubah artinya menjadi ketiak (Indo). Jauh banget bedanya ya??dari kecil ke ketiak..

Upss tahaan yaa..masih ada satu lagi ne..Gado(Minang) artinya “Lempar” langsung berubah dalam bahasa Indonesia menjadi nama makanan gado-gado. Makanya hati-hati makan gado-gado nanti kena gado..hehe..kena gadonya,kalau makan gado-gado ngutang..pada tau artinya kan??hehe

Kayaknya,cukup segitu aja ulasan absurd dari pengamat Bahasa Minang odong-odong seperti saya,ini murni analisa absurd saya saja. Maklum saya suka semedi di toilet kalau B*B nya kurang lancar,jadi dapat wangsit nulis ini..hihi *Gak bangetkan??

ini baru seupil gajah tentang Bahasa Minang yang diulas. Di Provinsi Sumatera Barat saja,setiap kabupaten itu ada perbedaan dalam bahasa,baik logat,aksen dan kosa-katanya. Kabupaten yang berada berdekatan dengan Provinsi Sumatera Utara itu lebih mengarah ke bahasa Mandailing,Batak. Saya gak ngerti sama sekali,sekitar 5 kosa kata yang saya tau dan suka sering lupa..Parah banget yaa??


Ini cuma baru di Sumatera Barat,mungkin di Provinsi lain masih banyak lagi,apalagi se Indonesia. Keliatan banget ,betapa kayanya negara kita Indonesia. Dari segi bahasa saja kita memiliki bahasa yang beragam. Tapi ada satu bahasa yang dapat mempersatukan kita dari Sabang sampai Merauke ,yaitu Bahasa Indonesia..
Hidup Indonesia..!!

39 komentar:

  1. qiqiqiqi ::D kalo salah nyebut gado jadi lucu juga ya. bisa-bisa dilempar beneran :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha..
      tergantung bilangnya kapan..klo lagi lapar,ya dikasih makanan..hehe

      Hapus
  2. whwhahaha...kalau bahasa minang dipekanbaru sudah membumi. jadi semua yg kk yura tuliskan aku tau artinya :D
    Tapi kalau bahasa minang yg lebih mendalam lagi mungkin aku gak tau kk..

    btw lawak juga kalau verb+ing di minangkan. jadi bahasa baru tuh, orang inggris suku minang , hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa..bener banget fian..
      pernah ke pekanbaru,rada heran..sopir angkot ngomong bhsa minang..
      yo wess..dihajar aja pke bhsa minang..

      haha..smga aja bhsa minang go internasional biar sama kyk rendang..hehe

      Hapus
  3. mirip2 bahasa madura yah bu guu..???

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya..yaa?

      kurang tau bhsa madura jga ne..:D

      Hapus
  4. haha :D lucu juga ya buat yang baru tau.
    biso-biso tamboh pusiang kalo belom ngerto.

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang..
      masih asing ditelinga..makanya,lucu..hehe

      Hapus
  5. Lah awak suke minang nie
    Bikin ketawa ambo hehe ... :D

    Berati kalau lempar lembing jadi Gado Lembiang (#_#)???

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha..
      asal jangan ketawa sndiri aja yaa..

      hmm..gmn ya?
      kasih tau gak ya?:D

      Hapus
  6. beneran, kl blum tahu malh bikin ketawa lho....

    BalasHapus
    Balasan
    1. jgn keras2 ketawanya yaa javas..hehe

      Hapus
  7. saya paling nggak mudeng bahasa minang ampoun dah sayo pusiang ._.

    BalasHapus
  8. dima kuciang swimmiang?
    hehehe bener kan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha..boleh2..
      tapi swimming itu gak bener lho..ajaran sesat aja itu..
      berenang klo bhsa minangnya "baranang"..:D

      Hapus
  9. berakhiran o o gitu ya yur.. kalo di pontianak, akhirannya pake e e gitu hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa mbak..
      bner2 deh,kita kaya bhsa..stiap daerah pnya ciri khas masing2..

      Hapus
  10. hahaha....
    galak dlm bahasa minang artinya ketawa toh, klo dlm bahasa aceh galak tu artinya "suka". hahaha..jauh bnget ya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah..iyaa ne..jauh bgtz bedanyaa..:D

      Hapus
  11. Balasan
    1. yoaa..ada ciri khas masing2..:)

      Hapus
  12. oh ternyata, kalau dijawa biasanya juga diganti o untuk akhiran a .. apa=opo,

    kalo diganti iang ntar nama gua jadi aziiang, wah parah.. kagak mau ke minang gua

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha..
      gak gtu jga kale..
      klo nama gak perlu dirubah2 lah..hehe

      Hapus
  13. wah, beragam banget ya sob ragam bahasa nusantara... semoga lestari bahasa daerah yg ada

    BalasHapus
    Balasan
    1. yoaa sob..

      macem2..dari sabang mpe merauke..

      Hapus
  14. Yang ini sih yg paling gak elit, kalo orang belum keminang "Capek (Minang) artinya “cepat” berubah artinya menjadi lelah (Indo).
    Galak (Minang) artinya “ketawa” berubah artinya menjadi pemarah (indo)

    Keren juga, jadi sedikit tau tentang bahasa minang

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa rob..
      gak apa dikit2 dlu..
      ntr cri aja pacar orang minang,biar diajarin bnyak..hihi

      Hapus
  15. swimmiang, joggiiangg, LOL itu unii,,
    tagalak iva membaco nyo ko uni,,ckck
    sadonyo alah paham iva nyo, urang pekanbaru kan banyak minang sadonyo uni >_<

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha..
      jan gadang2 bana galak Va..tadanga smo urang sabalah bekoo..maluu..hehe

      iyoo..klo pai ke pakanbaru,raso di Padang..:D

      Hapus
    2. bialah tadanga smo urang, bia nyo ikuik galak pulo :)
      ayo dong ke Pekanbaru lagi >_<

      Hapus
  16. wah .. jadi pengen belajar bhs Minang nih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayoo mbak el..sini yra ajarin..hehe

      Hapus
  17. Baru tau Gado itu artinya lempar #gagaljadigadisminang hahaha...
    tiap daerah di SUmbar dialeknya juga beda2 :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aduuh..gmn ini??
      yupp..bner bgtz dian..:)

      Hapus
  18. mirip dengan bahasa Indonesia ya Bahasa Minang ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa..mirip tapi gak sama..:D

      Hapus
  19. hore bisa, nih ya, do mi kado, ji, duo tigo ... hehehehey

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha..
      ngasih prok prok dlu buat mas stupmon aah..hehe

      Hapus

Buruaan komentar..selagi gratis..:D