Senin, April 08, 2013

Xplore Pesisir Selatan @Jembatan Akar


Halooo haa..apakabar yang disana..semoga baik-baik saja ya..yang jomblo udah gak galau lagi..#Upss

Oke,kali ini, saya mau cerita tentang objek wisata yang ada di Sumatera Barat,tepatnya di Kabupaten Pesisir selatan.
Pertengahan bulan januari kemaren saya dan teman-teman dari Komunitas Backpakcker Padang,berlibur ke daerah Kab. Pesisir Selatan.
Tempat wisata yang pertama kita kunjungi adalah “Jembatan Akar”. Ya,jembatannya terbuat dari akar pohon. Orang2 jaman dulu kreatif juga ya??kepikiran menghubungkan dua desa dengan akar.

Berdasarkan keterangan yang dijelasin di website Kab.Pesisir Selatan,bahwa, Jembatan ini pertama kali dibuat oleh seorang tokoh masyarakat bernama Pakiah Sokan pada tahun 1916 dengan tujuan untuk menghubungkan dua desa yang terpisah oleh sungai. Kondisi jembatan ini semakin lama semakin kuat karena semakin besarnya akar pohon beringin yang membentuknya. Panjang jembatan ini 25 M dengan lebar 1,5 M.

Terletak di kampung Pulut-pulut kecamatang Bayang Utara. Objek wisata ini berjarak 24 KM dari Painan dan 65 KM dari Padang. Kalau dari kota Padang,menempuh perjalanan sekitar lebih kurang 2 jaman,asal kendaraanya gak mogok atau ada macet.hehe

Kondisi jembatan akar saat ini,masih cukup kuat,tapi yang berjalan diatasnya harus dibatasi. biar jembatannya tetap kuat dan terjaga.

Oke,kayaknya saya lagi malas merangkai bunga kata-kata ne,sepertinya cukup saya suguhkan foto-fotonya aja ya..biar gak hoax..:D
selamat menikmati yaa..









Koleksi Foto dari Grup Backpacker Padang Community
Taken By Mas Jangkung


44 komentar:

  1. itu yg foto diatas jembatan akar orang semua yah bu.. #mikir sambil ngupil..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kasih tempe gak ya??
      gak pak,itu bayangan org aja..hihi

      ya iyalah orang..msak orang2an..hehe

      Hapus
  2. jembatannya itu kereenn bangett, sukaaa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasii..apalagi yg diatas jembtan,gak kalah keren jga kan??hehe

      klo suka,kasih jmpol kakinya donk..hehe :D

      Hapus
  3. WUIH GILA KOK BISA YA ???? JEMBATAN DARI AKAR GITU ????? YANG PAKE ASPAL AJA KADANG BISA ANCUR ... :O

    BalasHapus
    Balasan
    1. mari kita tnyakan pda phon beringin yg brgoyang,kok bisa??
      mgkin dikasih lem kale,mkanya bisa..hehe

      Hapus
  4. subhanallah ! keren sumfeh

    padahal secara logika nggak masuk akal banget, pohon beringin yang cuma segitu tapi akarnya nyampe 25meter WOW !

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasii..ayoo ksnii..hehe

      emang butuh wktu yg cukup lama jg seh,agar akar2nya bsa nyatu..

      Hapus
  5. wew, keren gila, 25 meter gito lho, akar semua, keren kren keren ... tp itu sebelah sono ada jembatan juga ya, pake apa itu ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa donk mas..yra jg keren kan??makasiii..qaqa..:D
      kerennya gak pke gila donk mas..keren ya keren aja..hehe
      kyknya rambut mas bisa jga dibuatin jmbtan tu..xixixi #kaburr

      itu jmbtan biasa dari beton dan besi mas,biar kndraan bsa lewat. klo lwat jmbtan akar kagak bisa..ntr jmbtannya ambruk donk..:)

      Hapus
  6. woow jembatannya dari akar, keren banget dah
    jadi pengen kesana, liat aslinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa neh..kerenn deh pokoknyaa..
      jrang2 jg ada jmbatan dari akar..

      ayoo ksni aja..disambut pke tari piring..hehe :)

      Hapus
  7. yuraaaaaaaaaa,,
    mau kesini :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa..diaaan..
      ayooo pulang kampung lagi..hehe

      Hapus
  8. hadoh, jauh banget bayarin tiket PP dari samarinda yak hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. aah..gak jauh kok..kn ada pswat..klo jalan kaki emang jauh..

      tenang,tak bayarin tket PP,tapi naik perahu kertas..hihi

      Hapus
  9. wiiiidiih keren , tapi kalo malem pasti serem tuh wkwk ,. lagian siapa juga yang malem malem kesitu hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa..keren neh..kyknya langka jmbatan dari akar bgni..

      klo lutfie mau ksni mlam2 gak apa2..itung2 nguji nyali..hehe

      Hapus
  10. Akarnya di tarik kali ya.. Kok bisa 25 meter gitu.. Subhanallah..

    Btw gmn caranya gabung di backpaker gitu? Seru banget.. Gue iri :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. kale aja yaa..itu kn dah lama kle mlai dbkinnya,thn 1916..ane masih di ngri antah brantah..
      mgkin,disambung2in akar yg pnjang..ntr lama2,akarnya nyatu dan kuat..#sotoy

      gabung aja di grup backpacker yg ada di FB..tunggu aja mpe diapprove..ntr bsa jalan2 bareng. di Pkanbru da grup backpacker jga kok..namanya Backpacker Pekanbaru,gabung aja disana icha..:)

      Hapus
  11. Subhanallah, jembatannya kereeeen bgt :')

    smg suatu saat bs berkunjung kesana.
    aamiin..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa..orang yg dsana gak kalah kren jga kok..#eeh *narsisnya kumat*

      amiin..smgaa..niatnya ksampaian..

      Hapus
  12. wow...
    25 m cuy...
    org2 dlu mmg kreatif...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa cuy..

      iyaa neh..gak ada beton dan besi akar pun jadi..
      kreatif tanpa batas..assikk..

      Hapus
  13. keren abis tempatnya. mau dong diajak kesana...

    BalasHapus
    Balasan
    1. yoii javas..kakak jga keren kan??#huekk

      ayoo..liburan ksni aja..:D

      Hapus
  14. keren banget jembatannya kakak,

    Orang dulu emang kreatif banget, akar bisa dijadiin sebagai penghubung antara dua desa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tentu keren donk...

      iyaa..memanfaatkan apa yg ada..

      Hapus
  15. wah sekarang para penunggu hutan akar udah pada exist ya? kwkwkwk peace

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya neh..randy pngen exist jga yaa??
      ya udah bruan aja ksni..hehe

      Hapus
  16. waktu kami ke sumbar sempat berniat ingin mampir kejembatan akar ini kk..tapi ga jadi karena keterbatasan waktu..
    kayaknya seram juga ya , hehe..tapi keren

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh..udah da rncna ksni,yaa..
      ya udah,lain kle aja ksni lagi..

      klo liat akar2nya,rada serem jga seh..apalagi malam2..hehe

      Hapus
  17. keren unniii, semakin kece aja nih tempat2nya,,sumpaah aku kepengen banget foto rame2 kayak yg di foto 3 itu,,aakkkk envy >_<

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya donk..uni apalagi,makin kece jgaa..#hueekk..

      hehe..jgn envy2 donk..klo ada waktu main ke PDG donk,jgn di pkanbru trus...hihi

      Hapus
  18. Salam Sukses....

    Sekedar informasi untuk sahabat blogger smuanya,
    Kontes Review untuk mendukung penghijauan bumi tinggal 2 minggu lagi.
    Berhadiah JUTAAN rupiah lho....
    Kontes ini bukan kontes SEO murni jadi dapat diikuti oleh siapapun....
    Info Selengkapnya:
    www.MitraBibit.com

    BalasHapus
  19. kalau di pikir lebih kreatif orang dulu, dengan rajin dan tenaga extra tentunya untuk membuat jembatan akar.
    makasih infonya bagus banget.
    salam kenal dengan pemula.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya neh..memanfaatkan yg ada disekeliling mereka..

      iya sama2..
      salam kenal juga..:)

      Hapus
  20. Pas liat gambarnya kupikir yang di Baduy, ternyata bukan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. di baduy jga ada ya Mas??

      hehe..mirip tapi beda kale Mas..

      Hapus
  21. jembatannya unik, saya jadi membayangkan film indiana jones ,
    dari tahun 1916 ternyata masih ampuh juga jembatannya buat dilewati...luarbiasa :-)

    BalasHapus
  22. Wah keren juga yah jembatannya terbuat dari akar pohon. Lagi mbayanginnya gimana yah cara mbuatnya?
    Lagian apa kuat yah kok cuma akar pohon begitu. Apa ndak ada tambahan bahan lain seperti besi atau semen gitu mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya keren mas..hehe

      klo semen gak ada mas..pas liat dsana kmren.cuma ada kwat,yang nyatuin antar akar2..dan ada beberapa kwat yg besar yng dililikan ke pohonnya,biar bsa nahan yg jalan disana. klo lewat disana dibatasi jga..ntr kbanyakan,akarnya gak kuat nahan..

      tapi gak tau jga,dari awal sudah pke kawat atau belum mas..

      skian laporan dari TKP #eh?

      Hapus

Buruaan komentar..selagi gratis..:D