Sabtu, Agustus 25, 2012

Semalam di Bukittinggi


Sebelumnya, berhubung masih suasana lebaran,,saya ucapin selamat idul fitri mohon maaf lahir bathin buat teman2 yang merayakan. Kalau ada yg mau silaturahmi ke rumah,silahkan..kue lebarannya masih ada ne..tapi,kalau jatah THR udah gak ada..hehe

Oh iya..ini adalah lanjutan cerita Trip saya yg menyusuri jejak tan malaka. Ceritanya sampai dimana,ya?? Kayaknya,sampai saya kembali ke Bukittinggi deh. Kalau yang sudah baca,yuuk mari lanjut..kalau yang belum,terseraah..mau baca atau gak..klo mau intip,juga boleh,silahkan intip disini ..



Sekitar pukul 8 malam kita sampai lagi di Bukittinggi. Hebat saya,ya??bolak-balik aja kerjanya,kayak setrikaan. Kedatangan kita disambut golok oleh Mama dan adek bg Fahmi..eeh..gak kok. Disambut dengan senyuman dan kita langsung bersalaman. Mamanya langsung menyuruh kita makan. Berhubung perut masih kenyang,jadinya ditolak deh. Kalau lagi lapar,dijamin gak nolak.

Setelah bersih2 dan menitipkan barang bawaan di rumah bg fahmi. Kita bersama adek bg fahmi,roza,berangkat menuju Lapangan Kantin untuk melihat konser gratis Iwan Fals yg disponsori produk kopi. 

Suhu yang dingin,tak mengurungkan niat kita untuk melihat konser Iwan Fals. Seumur-umur,ini kali pertama saya menonton konser. Kebetulan,karena rame2 juga. Katrok bgtzz,saya yaa?? Entah kenapa,saya adalah orang yang tidak terlalu tertarik menonton konser,apalagi di lapangan. Menurut saya,suasananya kurang kondusif untuk perempuan. Ada ketakutan sendiri bagi saya. Seringkali konser menimbulkan keributan bahkan meregang nyawa. Pernah teman saya yang maniak nonton konser ngasih tau,klo nonton konser itu,tangan jahil cowok iseng sering beraksi dan korbannya cewek,kalau gak nyopet,ya grepe2. Kalau gini,mendingan gak usah aja,enakkan tidurrr di kosan. Zzzzz

Ya udah..kembali ke masalah iwan fals tadi. Saya adalah salah satu penggemar berat (brpa kilo beratnya,yura??) Iwan Fals. Menurut saya,dia adalah musisi yang mempunyai karakter yg kuat,musisi lainnya seperti Alm.Chrisye dan Ebit G.Ade. Ketiga musisi ini mempunyai tempat spesial di hati saya #tsaah (katrok bgtz selera,saya y?). Kalau mereka sudah tidak ada,tak akan orang bisa menggantikan yg menyerupainya..tak semudah membuat girlsband..lha??nyambung,gak ya??

Saya menyukai musik Iwan Fals pas SMA. Kebetulan abang sepupu saya,sering mutar lagu Iwan Fals kalau saya lagi berkunjung ke rumah nenek. Lama-kelamaan, jadi suka. Maklumlah,suara saya gak bagus2 amat,jdi lagu2 dari Iwan Fals cocok lah.Saya gak perlu mikirin cengkok2nya atau apalah. Yang penting nyanyi (kdg smbil teriak2), trus pesannya tersampaikan dan yang dengar ngerti..kalau yg dengar gak ngerti,mungkin ada gangguan pada pendegarannya..hehe

Pukul 10 malam (klo gak salah) konser pun dimulai. Penampilan pembuka,ditutup eeh dibuka Grup Gambus, ternyata Grup Gambus itu, vokalisnya teman sekelas yg sekaligus ketua kelas saya dulu..Woowww..amajiing..gak nyangka,teman saya itu jadi pembuka konser Iwan Fals. Dibalut dengan jilbab warna hijau,meningkatkan aura kecantikannya #Tsaah.

Sebelum nyanyi, Bg iwan (Yura sok akrab deh,manggil bg iwan sgala :P) memberikan satu bibit apel untuk Kota Bukittinggi yg langsung diserahkan kepada pejabat Kota Bukittinggi. Kemudian,dilanjutkan dengan menyanyikan lagu yang khusus dibuat untuk Kota Bukittinggi.Lagu itu menceritakan tentang keelokkan kota Bukittinggi, penduduknya,sampai kuliner (Jadi,ngiler). Bg Iwan menyanyikan 16 lagu,dari lagu terbaru sampai lagu lama. Setelah lagu pembuka dimainkan,lalu dilanjutkan dengan lagu “belum ada judul”,tanpa dikomandoi,kita serempak menyanyikan lagu itu..ternyata kita hafal semuaaa..tpi gayanya itu mirip orang paduan suara,berdiri tegak lurus..hehe

Berhubung suhu di Bukitinggi makin dingin,Bg fahmi lalu mentraktir kita segelas kopi.Biasanya,saya kalau minum kopi itu perlahan2,karena suhu dingin jadi kopinya cuma beberapa kali tegukkan,habis..sluurrrrp…

Tak terasa,kurang lebih 3 jam,penampilan Iwan Fals harus berakhir. Rasanya cepat amat..Orang Indonesia biasa dipanggil Oi (panggilan Fans Iwan Fals) teriak “lagi..lagi..lagi”. Bg iwan sudah angkat tangan,karena suaranya sudah habis..bayangin aja,menyanyikan 16 ditambah lagu pembuka dan penutup jadinya 18,Non stop tanpa henti.Bagaimana suara gak habis,saya aja karaoke,menyanyikan 3 lagu aja dah ngos-ngosan. Tapi salut deh..umur sudah tidak muda lagi,tapi masih tetap semangat. Karena bg Iwan gak tega untuk mengecewakan penonton. Akhirnya,bg Iwan ngajak shalawatan..penonton pun bisa menerima.

Selesai konser,mereka langsung sujud syukur,karena konser mereka berjalan dengan baik. Sebelum mereka meninggalkan panggung,  Sang Drummer,melemparkan stick Drum nya.

Berhubung para penonton dibagian terdepan sudah mulai balik kanan,kita malah menerobos barisan yang sudah sepi untuk mengambil foto sang musisi..ini beberapa yg bisa ditangkap kamera.Maklumlah,kita berdiri dibelakang,kayak orang gak niat nonton konser..:D





Ya udah,ketika penonton meninggalkan lapangan,kita pun beranjak pergi dan segera  menikmati Jam Gadang di malam hari. Jarang2,saya bisa menikmati Jam Gadang saat malam hari. 





Malam pun semakin larut dan suhu makin dingin,saya gak mau mati kedinginan *lebay, walaupun masih banyak yang berjualan di sekitar Jam Gadang,kita memutuskan untuk segera pulang.Aku Pulaaaangg…
Sesampai di rumah,ternyata Bg riko sudah sampai duluan dan sibuk memasak buat sahur ntar.Apaa bg riko Masak?saya agak sedikit terkejut. Ternyata eh ternyata,bg riko itu adalah pernah ikut Master Chef di Padang,tapi gak jebol sampai ke Jakarta. Jika dibandingkan dengan saya, Bg Riko lebih jago dari saya.Malunya..masak cowok jago masak..(biasa aja kle…masalah buat lo?? Kok jdi sewot seh,yura??). Sepertinya,saya harus belajar masak sama Bg Riko ne..Saat itu,saya cuma bantu Bg riko aja,ngegoreng ikan,numis bawang,dll. Semua bumbu Bg Riko yg racik.Status saya cuma jadi asisten Bg Riko. Sebelum itu,saya dites dulu sama Bg Riko. Tesnya menebak bumbu halus yg ada didapur. Alhamdulillah,saya bisa menebaknya pemirsaah..horaaaiiii....

Malam itu dapur rumah Bg Fahmi jadi heboh karena Saya,Bg Riko,dan Roza adek perempuan Bg fahmi. Mama Bg Fahmi sudah kami usir dari dapur..kebangetan,ya?Sudah dikasih tumpangan,malah seenaknya ngusir2. Gak kok..cuma nyruh Mama tidur,biar kami yang masak,jadi Mama tinggal makan. Ternyata Mama Bg Fahmi gak mau tidur. Karena,beliau suka keramaian dan berbagi pengalaman. 

Pukul 02:00 WIB,semua makanan sudah terhidang di meja makan dan tinggal disantap. Ada 3 menu makanan,ada satu menu kreasi baru Bg riko..kami pun berbincang-bincang dengan Mama nya bg Fahmi. Padahal baru bertemu,sepertinya kita sudah lama saling mengenal,mungkin karena ada chemistry nya kale,yaa..#lebay. Kami menceritakan banyak hal, tentang hidup dan kehidupannya..diselingi juga dengan becanda2nya..


Ternyata-ternyata Mama Bg Fahmi suka mendaki Gunung jga..Wooww..tahun 1980,beliau sudah menginjakkan kaki di Gunung Marapi. Tahun segitu,saya mah belum lahir,mgkin masih di awang2 :P . Pantesan jiwa mendaki Gunung Bg Fahmi,menular dari Mamanya..

Selain itu,rumah Bg Fahmi ini sering dikunjungi oleh backpacker dari daerah lain,ada dari Medan, Jakarta dsb . Jadi,keluarganya sudah biasa kedatangan tamu2 yang baru kenal. Jadi,jika sudah berkunjung ke rumah ini,sudah dianggap kayak keluarga. Jadi gak perlu segan,klo gak ada sambal masak aja,begitu tutur Mama Bg Fahmi.
Malam semakin larut,mata,pikiran,dan badan saya tidak bisa diajak kompromi. Mungkin karena kecapek’an kale,yaa… Ya udah,pukul 3 pagi,saya memutuskan untuk sahur duluan dan kemudian mendaratkan tubuh diatas kasur,disamping roza. Sementara yg lain masih sibuk. Kak Sari,Bg Riko masih asyik bercerita dengan Mama Bg Fahmi. Bg fahmi masih didepan komputer.

Pukul 06:00 pagi,saya berusaha untuk bangkit dari pulau kapuk. Seolah2,kasur menahan saya untuk tidak beranjak *lebay*. Tapi,saya harus bangkit melawan setan-setan yg membisikkan untuk tidur. Akhirnya,saya melangkahkan kaki,mengayunkan tangan menuju kamar mandi,yg air nya sedingin es. Brrrr…saking dinginnya..berwudhu gaya tayamun,airnya diusap2 kan ke anggota tubuh. Biasanya,saya main guyur aja. Tapi kata Mama Bg Fahmi,suhu Bukittinggi akhir2 ini,emang dingin dari biasanya.

Pukul 10:00 WIB,kami memutuskan untuk kembali ke Padang, tanpa ada seorang pun yang berani mandi, dingiin bo"..(Ssstss diam2 aja,yaa jgn kasih tau yg lain..). Dan kami pun berpamitan,lain waktu kami akan kesini lagi.

Untuk melengkapi perjalanan kami ini.Dalam perjalanan pulang, kami menyempatkan mengunjungi Rumah Puisi Taufik Ismail,sastrawan yg berasal dari Minangkabau  yg terletak di Kawasan Aie Angek Cottage,kalau dari kota Bukittinggi,letaknya ditepi jalan sebelah kanan, sebelum sampai di kota Padang Panjang. Tak lupa juga,kami mengunjungi Objek wisata Air Terjun Lembah Anai, yg terletak dijalan lintas Padang-Bukittinggi. Seorang Iwan Fals pernah mandi dibawah air terjun ini,ketika menempuh perjalanan darat dari Medan ke Padang.Saat itu,Iwan Fals,kepanasan dalam mobil. Ini cerita beliau,saat konser semalam. Saya aja belum pernah mandi disini..ckckc
Mungkin foto-foto ini bisa bercerita..kebetulan saya juga sudah pegal merangkai kata..*Alasaaan*


Bg Riko dan Kak Sari, lagi fokus baca puisi 

Gunung Singgalang (Dilihat dari Rumah Puisi)

Gunung Marapi Dilihat dr Rumah Puisi)


Bg Riko duluan aja ne..tungguin kita donk..!

Nyebur,yuuk...

Air Terjun Lembah Anai
Mungkin cukup sekian,catatan perjalanan saya menyusuri jejak tan malaka sampai akhir. Bagi teman-teman yang sudah setia mengikuti kisah perjalananya,makasi banget,yaa..:D
Tetap tungguin terus,catatan perjalanan saya berikutnya..yaa...:D

51 komentar:

  1. wiih ada rumah puisi.. jadi pengen kesana ._.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa...ayoo ksniii aja ditsaakkk..hehe

      Hapus
  2. Balasan
    1. ayoo...sgraa terbang ksnii...:D

      Hapus
  3. waktu itu ke rumah puisi sudah sore ....,jadi cuma menikmati suasana luarnya saja... cantik ya tempatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa..cantik mbak..klo ada wktu ksni lagi,jgn lupa mampir,jgn smpai ksorean lg mbak..hehe

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  5. indah ya :) pasti sejuk banget disana.

    btw, nama fans iwan fals itu orang indonesia... -___-

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa..sjuk dan indah,kok tau??hehe

      Hapus
  6. asyik ya..bisa nonton Iwan fals konser di bukit tingggi, sewaktu konser di makassar, saya tidak sempat nonton...melihat dan membaca postingan ini...naluri petualangku seakan bergelora lagi..ingin menjelajahi bukittinggi dan sekitarnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas,bis jarang2 nonton konser..
      sykur deh Mas..ayooo Mas,kluarkan jiwa petualanganya..:D

      Hapus
  7. rindu juga ni kebukit tinggi dan keliling sumbar... hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau rindu,buruan aja ksni..hehe

      Hapus
  8. woww .. foto fotonya .. keren ! ... pengen ke sana deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasii Mbak..asal jepret aja kok mbak..:D
      Ayoo Mbak buruan pulang k Indonesia..

      Hapus
  9. pengalaman yang sangat menakjubkan, btw itu nonton konser apa ga pegel yah ? ane malahan pegel banget sampe berjam2 gitu

    BalasHapus
  10. pasti seru banget , aku ngefans banget sama bang iwan hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa...apalagi klo ada kamu,pasti tmbah seru..hehe

      Hapus
  11. keren, salah satu daftar yang harus dikunjungi. Apalagi rumah puisi, paling suka sama puisinya Taufik Ismail nasehat-nasehat kecil orang tua pada anaknya berangkat dewasa, realita banget :)_

    BalasHapus
    Balasan
    1. Good Job..ditunggu kdatngannya,y bay..

      sama,setuju deh sama bayu..

      Hapus
  12. pengen kesana lgi neh,,,mudah2n bisa kesampaian,,alnya udh lama gak k sumbar,,
    btw seru bgt kyknya travellingnya tuh,,ajak2 dong :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya donk..makanya kesini dlu,biar bsa diajak travelling..hehe

      Hapus
  13. ciyeee, gwe suka Om iwan fals juga loh, trus bukanya nama fansnya itu OI ya (orang Indonesia) itu setau gwe, kalo udah di ubah gwe gak tau dehh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama donk selera kita donk,yam..:D

      iya,yam..dah diedit tu,mksi,ya..orang pinggiran itu nama jdul lagunya..hehe

      Hapus
  14. tertarik sama jam gadangnya :D keren tuh lampunya warna biru

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanya kesini aja Bay..jgn mangkal di bali terus..hehe
      ntr,bawa aja jam gdangnya pulang..hehe

      Hapus
  15. Minal aidin yo ni. Ndeh urang awak jo ni ? Salam yo buek kasadonyo urang minang di bukittinggi. :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyoo samo2 diak..iyoo ambo urg awak juoo..iyoo,beko disampaian..smo pnghuni kebun bntang,iyoo lo ndak??
      dma kampuang diak??

      Hapus
  16. baru tau kalo ada rumah puisi

    BalasHapus
    Balasan
    1. skrg udah tau kan??ternyata ada rumah puisi selain rumah hantu..hehe

      Hapus
  17. keren banget :3 kenapa gak ajak ajak T^T

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe..maaf ipad (upss salah..)ivone mksdnya..
      makanya,ksni dulu..ntr diajak deh..:D

      Hapus
  18. wiiih seruuu neeeh :D
    ada yg pernah ikutan master chef juga , walopun gak tembus tapi psti masakannya enak :D

    btw, pasti asik banget yaaah ...
    sampe2 ceritanya panjang banget gitu :D
    waaah waaah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa dotz..klo ada edotz,pasti makin asyikk..
      bener bgtz,abg itu gagal msuk 10 besar tuk dkrim k jkrta..

      Hapus
  19. pengen jalan-jalan ke Bukittinggi..... :)
    kapan ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya udah..mulai aja jalan kesinii..hehe
      liburan ksni aja..

      Hapus
  20. teryata bagus juga toh di bukit tinggi,,jadi pengen kesana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa donk..
      Ayoo..kapan2 ksnii donk..:D

      Hapus
  21. yaaahhh klo uda kyak gini cuma bisa bilang *WOW*... hehehe

    keren..!!! coba dekat dengan tmpat saya, psti uda dijadiin spot slnjutnya kalo Touring... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha..makasii cum..
      sring2 aja blg Wooww,yaa..

      dkat kok..naik aja buraq..hehe

      Hapus
  22. wah asik euy bisa liat iwan fals...

    pemandangan rumah puisiya bagus ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa mbak..bruntung sx bsa liat..jrang2 kan bsa liat lgsung wlau gak salaman..

      iya bagus mbak..dsklilingnya bnyak bunga2..

      Hapus
  23. Sebelumnya mohon maaf lahir dan batin...
    Sama neng ,aku juga ngefans sama om iwan fals..dia adalah legenda .
    sayangnya aku nggak pernah dapet tanda tangannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa..sama2 kang bebek..
      wah,suka jga bebek sma Om iwan,ya??#toss dulu

      klo gak bsa tnda tngannya,tanda kaki aja bek..hehe

      Hapus
  24. pengen banget ke sana. bagus tempatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayoo mbak...jangan malu2..kesini aja...

      Hapus
  25. banyak sekali pengalamannya ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe..gak jugaa..masih cetek kok pngalamnnya..:D

      Hapus

Buruaan komentar..selagi gratis..:D