Rabu, Agustus 29, 2012

Makanan Setengah Gagal


Ngomong-ngomong soal masak-memasak,jaman SD,saya adalah orang yang agak sedikit malas untuk memasak. Tolong dicatat,yaa…Cuma sedikit malasnya…klo malas yg sedikit2 itu dikumpulin,malasnya jdi bukit..alias malas tingkat nenek dewa. Tau gak,kenapa saya malas memasak??karena main-main lebih enak dibandingkan masak..haha. Berdiri,panas2 di depan kompor itu gak bangetzz,ntar selesai masak badan jadi bau kompor,cabe,minyak,ikan,menyan..lha??

Saya akan memasak jika sambal yg dibikin Mama,yg tidak saya sukai. Ujung2nya,dengan berat hati harus masak,palingan yg dimasak telur dadar, telor mata kaki sapi, atau Mie goreng. Jika ada gerakan anti masak-memasak,saya dengan senang hati akan langsung bergabung. Kalau main masak-masakan saya jago bangetzz..


Saat itu,ada kegelisahan sendiri bagi Mama, anak gadisnya malas masak. Maklumlah, kalau gadis minang itu seharusnya bisa masak-memasak. Ketika itu,sebagian teman-teman perempuan saya sudah bisa memasak,masak beras (Benerkan masak beras?masak, masak nasi.  Dia kan sudah jadi nasi,kenapa harus dimasak lagi..ckckkc)mengoreng ikan,bahkan menggulai dll. Menurut saya,ukuran anak SD,itu sudah jago. Mungkin karena tuntutan profesi..eeh keadaan. (maaf) Sebagian besar ortu mereka berprofesi sebagai petani,jadi pulang ke rumah sore bangetzz. Jadi,urusan masak-memasak anak-anak mereka yg handle..

Sedikit berbeda dengan saya, Mama sekitar pukul 13:00 sudah sampai di rumah,sepulang mengajar. Sore hari masih sempat masak. Jadi,saya bisa main sepuasnya..horaaaiiii..(walaupun sampai main maghrib,masih belum puas mainnya..)

Seiring bumi dan jarum jam berputar,apa seh,yura??Kemalasan masak itu mulai memudar. Proses itu dimulai,ketika tamat SD,saya harus berpisah dari orang tua dan meninggalkan rumah,untuk bersekolah di sebuah sekolah khusus putri di Kota Padang. Sekolah saya ini,mengharuskan seorang anak putri harus mempunyai keterampilan walaupun gak jago (emang ayam jagoo?)setidaknya,bisa memasak dan menjahit.Mama memasukan saya kesekolah ini,karena melihat potensi "Malas Masak" saya tinggi sekali,jadi Mama harus rela berpisah dengan anak gadisnya yang unyu2 ini…#hueeekk (muntah 7 ember). Selain itu, keterampilan memasak dan menjahit (Tata Boga/Tata Busana),dimasukkan kedalam mata pelajaran sekolah,namanya "Keputrian". 

Setiap siswa mendapat jadwal piket masak yang didampingi oleh beberapa orang guru untuk menyiapkan makanan buat teman2 yg lain dan guru-guru. Mau gak mau,saya harus berdamai dengan sifat malas masak saya. Memasak bareng2 teman dan senior,terasa menyenangkan,ketawa-ketiwi,jadi masak di dapur tak terasa membosankan. Ya,saya menikmatinya..


Setelah tinggal di Asrama selama 3 tahun,status saya pun berganti menjadi anak kos. Yang harus menuntut,saya bisa masak juga. Walaupun kadang-kadang beli sambal. Kalau beli sambal terus,bokek donk saya. Makanya,alternatifnya harus masak. Sampai sekarang,status saya menjadi anak kos sudah bertahan 8 tahun..dahsyat kan??ayoo..mana award buat,saya??Mungkin boleh dibilang, saya sudah kebal dengan manis,asam,asin,pahit hidup jadi anak kos. Intinya,nikmati saja. Badaii pasti berlalu…apa seh,yuraa??

Waduh..kok mukadimah saya,panjang banget,yaa?sepanjang jalan kenangan..*lebay*Kalau mukadimahnya kayak gini,bisa2 jamaah pada lempar jumroh ke saya..#kaburrrr

Oke,saya langsung saja ke inti masalah. Kale ciliwung ini,saya mau menceritakan pengalaman masak-memasak yang berkesan dan tak terlupakan,kalau bahasa kampung saya disana unforgettable. Un itu singkatan dari Uni, Forget itu Lupa, Table itu meja..artinya,uni lupa meja..ngertikan??

"Sala Lauak Batu"

Sala lauak adalah makanan khas Pariaman,kalau ada teman2 yg berkunjung ke kota Pariaman ,jangan lupa membeli sala lauak. Tapi, di Padang banyak yg jual jga kok...hehe  Ini lo penampakannya,..


Comot disini

Ketika SMA,saya sekamar dengan Widia,yg kebetulan orang asli Pariaman. Berhubung weekend dan gak ada kerjaan. Ya udah,kita memutuskan untuk membuat sala lauak,katanya baru2 ini, dia sudah mencoba praktek di rumah. Yo wess,saya mah setuju2 aja. 

Kita pun menyiapkan bahan-bahan yang digunakan.Setelah menjadi sebuah adonan. Lalu,kita bulat-bulatkan. Kemudian,digoreng. Melihat sala lauak dalam gorengan,rasanya gimana gtu,pengen cepat2 melahap sama2 kualinya..(Woiii rakus amat ente,yuraa..kuali aja diembat..)


Setelah semuanya selesai digoreng,selanjutnya kita icip-icip. Ketika gigitan pertama,kepala saya langsung penuhi bintang2 plus tanda tanya..”kok sala lauaknya sekeras batu gini??” Widia pun mencoba mencicipi. Dia,mengakui keras juga. Kita langsung ngakak..sala lauaknya gagal..Ondeh Mandeh..

Karena kesal,gak bsa makan sala lauak yg diinginkan. Kita mencoba melempar sala lauak itu ke dinding. Saking kerasnya,gak mau pecah. Gak kebayang deh,gimana kalau kita memakannya,bisa-bisa gigi dan gusi saya rontok semua..*geleng2kepala*. Untuk menghargai jerih payah kita,kita pun memaksakan makan sala lauak itu,mungkin paling banyak 2 buah lah.Selebihnya dibuang. Sykur,kita bikinnya gak banyak. Teman saya itu,akan mencari tau apa penyebabnya ketika pulang kampung.Eh..ternyata-ternyata kita keburu pisah,karena masing-masing sudah tamat. 


"Bakwan Mpek-mpek"

Pas kuliah (emang loe,kuliah jg,yaa yura??tmpang ndeso gtu kuliah sgalaa..) Saya dapat teman sekamar dari Palembang,namanya Irma. Kita suka ngemil,apa saja dimakan,walaupun begitu,badan tetap aja gak nambah2. Kasihaaan..Kalau diikutin nafsu ngemil ,bisa2 dompet kering. Jadi,untuk mensiasatinya,kita bkin cemilan sendiri.biar ngirit gtu loo..

Waktu itu,kita memutuskan membuat bakwan. Bahan utama yg dbutuhkan adalah semen tepung. Sebelum mencampurkan adonan,saya memastikan dulu tepung yang dipakai. Saya ragu tepung yang kita pakai. Soalnya,waktu Irma mudik ke Palembang, pas kembali ke Padang, ia membawa tepung kanji,tepung untuk membuat mpek-mpek.Kalau Irma sering menyebutnya tepung sagu.Rencananya, Irma akan mencoba menunjukkan kebolehannya membuat mpek-mpek.

Bungkusan tepung itu tidak ada label yang menunjukkan tepung terigu atau tepung kanji. Akhirnya,kita mengambil keputusan,ini tepung terigu. Soalnya,sebelumnya pernah juga bikin bakwan,jadi kita beranggapan,tepung ini sisa yang kemaren.

Lalu kita mencampurkan semua bahan,dan siap untuk digoreng. Saya pun kebagian tugas goreng-mengoreng. Setelah minyak panas, adonan bakwan,siap dimasukkan kedalam kuali pengoreng. 1..2..3…cissss…adonan tadi mendarat masuk ke dalam kuali. Dalam khayalan,saya sudah membayangkan makan bakwan yang enak. Ternyata-ternyata,dalam beberapa menit,wujud bakwan yang dinginkan tidak sesuai dengan kenyataan. Saya histeris *lebay*
 “Irmaa..bakwannya kok mirip mpek-mpek,kenyal2 gimana gtu?”
 “apa yuraaaa??seriusss?”
 “seriusss lah,lihat aja klo gak percaya..”
Irma pun melihat,yang akhirnya suara tawa kita pecah dan membahana sampai langit ke tujuh,karena menertawakan diri sendiri yang rada-rada normal. Irma pun menyadari..
 “aku baru ingat yura.. ternyata tepung yang kita pakai itu,tepung untuk membuat mpek-mpek”
 “dasar,pelupa dipelihara..ya udah mari kita lanjutkan mengoreng bakwan mpek-mpek,enak-gak enak hajarr..yg pnting makan…” (Tipe Anak Kos yg gak mau rugi..hehe)
Ya udin,kita memutuskan untuk tetap mengoreng semua adonan. Mubazirrr tauu..kalau dibuang,dah capek2 bikinnya,masak dibuang. Lagian,kita kelaparan juga.  Akhirnya,tanpa ampun, bakwan mpek-mpek habis kita lahap berdua. Kalau dibagi ke yg lain,malu tau..dimana letak hidung,saya??

Semoga teman-teman bisa belajar dari kedodolan saya. Jangan sampai kejadian yg memalukan ini,dialami yg lain..hehe. Belajarlah dari kedodolan,karena dalam kedodolan ada kenangan yang tersimpan..apa seh,Yura??jangan sok bijak deh





48 komentar:

  1. moga sukses yah un dengan GAnya.. :D

    BalasHapus
  2. hhehe..seru bgt mb bacanya.. bakwan rasa mpek2 gmn ya ^_^

    trimakasih sdh ikutan..sdh kucatet :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe..gmn ya??rsanya nympur mbak. cba j bkin bkwan,trus tpungnya diganti..

      iyaa..sama2 mbak..sring2 j bkin GA..hehe

      Hapus
  3. hahahha.... coba aku disuruh ngicipin, gak mau juga pastinya. kwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha..syang aku gak suruh kamu. tpi klo mau nyicip gak apa jgaa..ntr klo mual2,kntong plastik sdah dsdia kan kok..hehe

      Hapus
  4. bentar bentar, itu rasanya gimana ya? .-.

    BalasHapus
    Balasan
    1. rasanya...??rasa permen nano-nano..manis,asam,asin..:D

      Hapus
  5. waw rasanya kaya gimana tuh ?
    pasti aneh ya hhe .
    kalo saya sih suka banget masak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak kok..#maksa..
      gak aneh2 jg..bhannya,lngkap kok n rasanya pas..tpi wujudnya aja yg aneh..

      boleh ne,tnya2 soal masak-memasak..:D

      Hapus
  6. ga kebayang kalau ikut master chef indonesia terus yang komentarinnya chef Juna :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha...dijamin termewek-mewek bayu..pasti komen chef juna pedass bgtzzz...gk kbyang deh..

      Hapus
  7. Bakwan rasa mpek mpeknya masih ada nggak ,?? Pingin tau rasanya kayak apa ...wkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah hbis bek..klmaan datang seh..klo pngen tau,nyoba aja bikin..hehe

      Hapus
  8. waahh ada sala lauak,, kalau di Pekanbaru bnyak jg yg jual itu, tpi enak loh ya, gak KERAS..
    gini bunyi nya "sala lauak, sala lauak, tiitt tiitt"
    hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe..jgn samain donk sama sala lauak made in yuraa,hancur bgtzz..

      wah,ada juga,yaa yg jualan sala lauak di pknbru. kpan2 nyoba sala lauak ala pknbaru. enakan mana sama yg di PDG..

      Hapus
  9. wah rajin banget yah yura ikutan kontest GA.

    btw Sala Lauak itu bahannya dari apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe..iyaa Mas. klo ikutan kontes ratu kencantikan sejagad gak cocok mas. mkanya kontes GA aja..

      dri tepung,kunyit untuk pwrna,ikan di haluskan dll (lupa)hihi

      Hapus
  10. wahhh itu bulet2 menggoda selera '_'

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ywd,ambil aja..silahkan diicip2..tpi jgn lupa byar,yaa..1 biji 500..

      Hapus
  11. hahaha , kalo gue disuruh nyicipin gue bakalan minta disediain ambulan dulu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha..bisa aja lw dotz..gak sgtunya jga kale..plingan efek smpingnya,muntaber..hihi

      ambulans k RSJ kn dotzz??hihi #kaburr

      Hapus
    2. muntaber itu efek ringannya ..

      efek paling berat gue bisa amnesia , jadi gak bisa ngebedain mana cowok ganteng n cowok gak ganteng --__--

      gaak , rumah sakit hewan ajaaah T.T

      Hapus
  12. aku baru denger yg namanya sala lauak

    semoga menang ya kontesnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu makanan khas pariaman mbak..googling2 j mbak,biar lbih tau ttg makanan yg satu ini..:D

      Amiin...makasii y,mbak..:D

      Hapus
  13. Gimanapun rasanya yg penting jadi,hahhah

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi..gimanapun rasanya,minumnya ttp teh botol s*s*o..

      Hapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. bakwan empek2, mungkin kalau lebih di kreasikan lagi mungkin bisa dipasarkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe..bener jga,yaa..
      kpn2 nyoba bkin lgi aah..

      Hapus
  16. aku jugaa baru tau makananan sala lauak.. ._.
    sejenis apa ya ituu??

    BalasHapus
    Balasan
    1. biar lbih tau..googling j Mas.. tlsan saya ini ulsannya dkit kle..

      sjnis makanan..mgkn bsa dmsukkan kdalam kluarga goreng2an..hehe

      Hapus
  17. jadi inget jaman sekolah dulu
    kalo kemah pramuka kebagian masak, selalu aku banyakin cabenya
    yang kelaparan baru balik kegiatan jadi gabisa bedain enak apa engga karena sibuk kepedesan
    abisnya ga bisa masak sih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha..tegaa nian mu Mas..
      pasti teman2 pada mencret2,krn kbnyakan mkn cabe...ckckck

      Hapus
  18. harga sala lauak berapa yura?
    aku udah jarang makan sala lauak ...haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung seh..klo untuk fian gratis..hehe
      klo sgede yg dgmbar,biasanya 500..

      Hapus
  19. Balasan
    1. Kalau laper,buruan makan mbak..atw,nyoba makan sala lauak aja...hehe

      Hapus
  20. Asyiiiiik GA lagi... boleh tuh sepotoooong aja di masak sendiri yak #eh.. ;D

    BalasHapus
  21. bakwan rasa mpek2..penemuan baru tuh.. hehhe..

    BalasHapus
  22. sala lauak itu apa sih? baru denger saya

    BalasHapus
  23. blogger mu asik bro.. mampir juga yah di bloger aku www.naakoneks.co.cc makasih . salam budaya BW

    BalasHapus
  24. bangga dong aku udah makan sala lauak di Bukittinggi, gurih ya..

    BalasHapus
  25. Lebaynya bikin ngakak..
    Semoga menang ya..:D

    BalasHapus
  26. salam sukses gan, bagi2 motivasi .,
    jujur dalam segala hal tidak akan mengubah duniamu menjadi buruk ,.
    ditunggu kunjungan baliknya gan .,.

    BalasHapus
  27. unforgettable. Un itu singkatan dari Uni, Forget itu Lupa, Table itu meja..artinya,uni lupa meja..ngertikan??

    LOL

    bikin bakwan pake tepung sagu?? seteres loe be2,.,

    BalasHapus
  28. buka2 blog yuraaa.....
    msh ingat aja kmu crita qt dlu...
    wkwkwkwkw
    malumaluin ajaaaa

    marii tutup hidung...
    ahhaahha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha..ya donk..itu kan so sweet banget..:D

      Hapus

Buruaan komentar..selagi gratis..:D