Minggu, Januari 15, 2012

Berkelana di Hutan Belantara

Dipenghujung tahun 2011, saya diberikan kesempatan oleh Allah SWT bergentayangan (baca : hiking) di hutan belantara.
tumben ya si yura ngomong bener..??
Selama ini ngomong bener juga kok..wkwkkw





Pokoknya lagu ninja hatori cocok bgtz deh.
'mendaki gunung, lewat di lembah, sungai mengalir indah ke samudra...bla..bla..'gag hfal lagi. Tapi gunungnya diganti ama bukit aja..

Kegiatan ini diadakan oleh organisasi yang saya ikuti dikampus. Berhubung saya anggotanya, kebetulan keanggotaannya berlaku seumur hidup. Jadi, setiap kegiatan saya bisa ikut. Walaupun kepengurusannya sudah dikasih sama adek2.
Kami disini tak hanya sekedar masuk keluar hutan aja, tapi sekalian belajar Navigasi Darat buat anggota baru dan sekalian pelantikan. Anggota baru dibagi dlm beberapa kelompok. Tiap kelompok dilengkapi peta dan kompas. Tiap kelompok bergantian menjadi Leader, middle dan sweeper.(betul gag ya tulisannya??). Selain itu, Calon Aggota alias CaAng harus mendeskripsikan medan, bikin rute perjalanan, komplit lah..malamnya kita diskusi..
ntr dijelasin lebih lanjut pada gag ngerti..
woii sombong bgtz loo seh yura..kelaut aja loo..horeee..berenang bareng ikan.

Mau jelasin apalagi yaa..?#mendadak amnesia

Oke, Rute kita dimulai dari Bukittinggi, melewati puncak lawang kemudian berakhir di Danau Maninjau, sekalian tahun baru gtu.#sambil menyelampipiscelana.



H-2..
'Yura beneran ikutkan??kalau yura ikut ina juga ikut..'(dari rina)
yura said,' klau ina ikut, yura jga ikut..'
lhaa...??binggung kan?intinya k-2 nya hrus ikut biar bisa ikut..#edan

k2k ikut kak??klo kak ikut saya juga ikut..(dari putri)
yura said,' iya kakak ikut.'
ini lah isi sms dan percakapan saya di Pacebuk bareng teman saya dan junior sesama anggota.

Aduuuh..saya juga heran. kenapa lah teman ama junior saya ini, tergantung dengan saya. Kalau saya gag ikut, mereka juga gag ikut. yaeelaah..kalau saya mati, mereka mau ikut mati juga gag ya?? #diragukan
Alasannya yaa biar ada teman. Katanya orang kayak saya susah nyarinya..lha..?aduuh sob, cari j di pasar loak bnyak tu..!

H-1
Sebelum keberangkatan peserta berkumpul dulu. Untuk mengecek perlengkapan tiap kelompok. mulai dari tenda, kompor, taramontina, menu makanan selama 4 hari dan perlengkapan pribadi(carrier / Ransel, sleepingbag, survival kit, sarung tangan, kaus kaki, obat2an, dan pakaian. Pakaian cuma boleh dibawa 3 stel, pkaian lapangan, pkaian tidur, dan pkaian ganti). Saya bawa lebih pakaian, pakaian renang..

Selain itu, memberi wejangan tentang sikap kita selama di lapangan. gag boleh buang sampah sembarang (sampah disimpan di tas masing2), gag boleh bawa telur (baun anyir mengundang binatang buas), suara dikontrol (ntr binatang ada terganggu). Tapi, suara saya merdu kok, dijamin binatang gag ada yg terganggu. Malah ketagihan. Gak perlu bawa alat kosmetik (emg mau buka salon dihutan apaa..?). Rasionalnya gini lo, takutnya ntr muka jdi rusak, soalnya cuaca tempat perjalanan kami lebih sejuk dibandingkan dengan kota Padang. Takutnya sampai di Padang yg cuaca nya puaaanasss bgtz, kulitnya mengelupas gitu. Ntr, jelek loo..mau kalah ama mpok noriii??? saya cuma cuci muka pas wudhu, pas nympe di Padang ngelupas juga. Sebelumnya kulit saya sawo mateng, sekarang jadi sawo busuk berulat-ulat.

Gak kalah pentingnya,  penjelasan gimana packing barang dengan bener.Jangan asal masuk aja. Kalau ngasal aja, ntr di lapangan badan yang cidera. Sakit di lapangan itu menderita bgtz lo..coba j sendiri..
Sepulang dari hiking teman2 cerita yg seru2, kita mau cerita apaa??cerita penderitaan kita?? Dijamin org malas dengar, kalaupun dengar, pasti ujung2nya KASIHAAAAAN YAAA...paling kasar DERITAAA LOOOO...

Berhubung saya mau ke lapangan, si mama nyiapin bekal buat saya, goreng ikan bilih. Saya kalau pergi kelapangan, hidup saya mewah sekali #sombong. Tapi masih kalah sama menu direstoran mahal kok. Emang bener kok. Tiap tahun saya kan selalu ada kuliah lapangan. Jadi, mama selalu mempersiapkan sambal untuk anakya. seperti Rendang, Dendeng, ayam goreng, macam2 deh. Belum lagi, cemilannya.Seperti roti2an, susu, cereal, cokelat, buah-buahan (buah yg laris, buah salak. krna mampu nahan boker), kadang kita bikin sandwich pula.

Bayangin aja, di lapangan itu suasana udah gag enak. Tidur beralaskan matras, dingin, nyamuk-an, komplit deh penderitaan. Trus, gag mungkin pula, selera ikut menderita apalagi sampai kelaparan #nyarimatinamanya. Makanya, saya suka sekali kalau ke lapangan, 4 sehat 5 sempurna terpenuhi. Kalau di kosan 4 sehat 5 seadanya.

kamis, 29 desember 2011
Pukul 11 siang, akhirnya saya dan rombongan kloter pertama berangkat juga..#euleh2..kayak mau brangkat haji aja pke kloter segala..auaah aaah..

Kita 4 ekor minibus..emg minibus itu hewan yaa?? suka2 yura donk ngomong apaa.. Untuk kloter pertama berangkat 3 minibus, satu minibus lagi berangkat agak siangan karena ada anggota masih ujian.


Kami sampai dibukittinggi jam 3 sore, berhubung karena macet. secara akhir tahun, jadi pada banyak liburan ke bukitrendah eeh..salah Bukittinggi maksudnya. Hari biasanya Padang-Bukittinggi bisa ditempuh 2,5 jam-an lah.

Tujuan kami hari ini adalah di Panorama-Baru Bukittinggi. Dekat panorama baru itu ada ngarai, dari ngarai ini lah kami memulai perjalanan menuju maninjau. Konon ceritanya, ngarai ini dijadikan tempat pembuangan mayat pada zaman penjajahan dulu. Pantesan, jalan menuju ngarai ini, ada emak tangga UPss anak tangga yang sengaja dibuat. Agak licin seh..habis lumut dah banyak nempel. Jalannya curam gtu, saya j ngeri liat keatas takut jatuh..eeh salah yaa..kebawah berarti. Kalau saya jatuh, pasti sakit..kecuali kalau jatuh cinta, dijamin gag sakit..Azze..

Tebing di pinggir sungai..
Ketika kami akan menyusuri ngarai. Kami bertemu dengan masyarakat setempat. Ada seorang Bapak  menasehati kami agar kami hati2, soalnya sudah beberapa hari ini bapak itu sibuk mencari 10 orang siswa SMA yang hiking,hilang dihutan sana.#mendadakmerinding komatkamit baca doa.

Sekitar 1 jam (kurang lebih)menuruni bukit, akhirnya kami sampai di camp pertama, yg bersebelahan dengan sungai. Kami istirahat sejenak. Ada yg ngemil, foto2, dan shalat.


Orientasi medan..

hatii2 yaa..dikanan ada jurank..


Uhff..capek..pegel..pijitin donk...


Setelah rehat sejenak, kami memutuskan untuk berjalan kembali. Untuk kale ini, kami nyebrang jalan, eeh nyebrang sungai. Kira2 dalamnya selutut sayalah. Kalau daus mini yg nyebrang, kayaknya kelelep deh.. 





Suasana alami nya semakin terasa, bebas dari segala macam polusi. Ada kedengaran bunyi jangkrik, burung, gemercik air..pokoknya sesuatu bgtz deh. Enak yaa kalau manusia bersahabat dengan alam.
Kami mengikuti anak sungai, soalnya kiri-kanan tebing. Kalau suasana lembab2 gtu, musuh utamanya adalah pacet..
pacet itu apa yaa??kendaraan yg bertumpuk2 yaa..? BUUUUKAAAAAAAAAAAAAAN itu MACEEEEEEEEEET...

Pacet itu sepupuan ama lintah, binatang yg kenyal2 kyk agar2 itu..#ngiler. Hobi nya suka ngisap darah. Alhamdulillah saya digigit 2 kali, tpi selalu gag sadar, biz kaki dah berdarah aja..
iiih..sebel deh. masak si pacet gag minta ijin dulu mau ngambil darah. Klo minta ijin, saya kan ikhlas mau donorin koq..
Junior saya yg pada takut ama pacet, histeris sekali.
'kaaaakkkkk yuraaaaaaaaa...adaaaaaaaa paceeeeett..cabutiiin kak..itu kak..larii kesini..inii kak..tariiik kak...'
'iyaa..tenang..tenang'
Saya tarik t pacet pke mulut..eeh pke tangan, trz dipegang kuat2..matiii deh. Saya hebat yaa?? #nyari dukungan.
Kalau ada Pacet, adek2 t pasti teriakin saya. Kayaknya pada geli deh. Alhamdulillah saya gag geli, dari kecil emg suka main di sawah trus digigit pacet, jadi dah biasa liat pacet.

'kak klo pacetnya masuk ampe dalam celana gmn kak?'
Tuiiiing...
iya ya..kan bahaya..saya langsung was was..aaduuuuuuuuh..piye iki??
Tapi, saya berfikir dengan jernih sejernih air aqua..Pacet itu kalau dah kenyang pasti copot sendiri. Jadi, gag mungkinlah pacet mpe msuk kezona terlarang..#positifThingking. Jauh bgtz dia menjelajah, ampe betis aja udah cukup yaa...#nawar

Hari semakin gelap, kami belum juga menemukan tempat yg agak landai tuk camping . Jalan semakin rumit, karena bnyak longsoran, yg menghalangi jalan. Sampai2 saya harus jongkok dg beban berat dipunggung, kadang2 manjat, karena banyak pohon2 besar yg tumbang menghalangi jalan kami.

Haripun semakin gelap. Saya semakin was-was. Jangan2 kami nyasar?? Pikiran negatif ini berkecamuk. Tapi, apa saya aja yg mikir sendiri, yg lain kepikiran gag yaa??Kita hanya tak banyak bicara. Saya hanya bisa menerka.
Titik Longsoran semakin bnyak. Maka, kita pun berdiskusi. Rasanya, gag mungkin kita lanjutkan, butuh alat2 berat tuk memotong pohon2 yg tumbang, biar kita bisa lewat.

Kamipun istirahat sejenak, setelah menemukan tempat sekedar tuk rehat sejenak. Karena, gag mungkin ngeCamp disana yg dekat dengan sumber air. Biasanya, kalau dekat sumber air, hewan penghuni hutan suka mampir tuk minum atau nyuci kaki dan gosok gigi.emg ada yaa??siapa yg jual odolnya??
Kamipun senter light dinner bareng. Biz gag ada lilin, jdi diganti ama senter.

Selesai makan malam. Teman saya, dwi . Biasa saya panggil Dede. Kebetulan dia yg dituakan saat itu. Selain itu, pengalamannyapun lebih bnyak dari saya. Kebetulan dede anak MAPALA UNP kerjanya naik turun gunung, bahkan sudah sampai ke Lauser. Dwi survei, siapa yg bawa telor mentah dan siapa yg lagi Datang Bintang. Mau gag mau harus ngaku, gag boleh malu2, walaupun ada cowok. Karena, bau telor dan bau orang lagi M sama-sama anyir dipenciuman binatang. Lagian binatang lebih peka pula indra penciumannya.
Saya juga heran, soalnya larangan gag boleh bawa telur dah dikasih tau. Kayaknya dia gag ikut ngumpul dihari terakhir dan gag ada teman kelompoknya gag kasih tau. Telor pun langsung direbus dan dicampur sama mie rebus, cangkangnya langsung dibakar. Kalau orang yg lagi M, dibakar juga gag ya??hehehe..
gag kok..Yg lagi M jarak jalannya jgn jauh2, ntr disamperin ama binatang buas.iii..atuuut...

Perjalanan dilanjutkan kembali...

Berhubung medan yg gag memungkinkan. Maka kami memutuskan kembali ke titik awal...APAAAAAAAA...?butuh sekitar lebih kurang 4 jam perjalanan dan harus nyebrang sungai.
Alhamdulillah gag terjadi, ditengah perjalanan. Leader menemukan tempat tuk camp. Kemiringannya lerengnya curam bgtz, jalannya licin, dan kiri kanan jurang. Bayangin aja, kalau saya jalan terlalu cepat, kepala saya hampir kena pantat teman. Kecepatan saya pun harus dikurangi.

Selain itu, harus jalan ditebing. dan badan saya itu nempel ketebing dan jalannya itu miring. Disini, saya lama kale.sumpah saya takut sekali. Kalau, saya lihat kebawah, lampu2 senter yg lain keliatan. Saya ja sulit megang senter. Sedikit saja, saya salah langkah. saya bisa jatuh dan berguling2 ke bawah. Ohw Nooo...
Rasanya nyawa saya dipertaruhkan..
Kebetulan Dede didepan saya, dia dah duluan. Mungkin dia kira, saya bisa melewati jalan itu. Saya pun teriak.
'dede..senterin yura..bantuiin yraa..'
 adek2 yg dibawah gag bisa berbuat apa, hanya bisa menerangi dg senternya.
dede memberikan arah, kaki mana yg harus melangkah..
Akhirnya TERLEWATIIIIIIIII juga. Lega banget rasanya.
Akhirnya sampai juga..
saya rebahan dirumput2, Rasanya rumput sama empuknya ama kasur dirumah saking capeknya. Setelah Rehat sejenak saya mendirikan tenda, ganti baju, shalat, dan masuk ke sleepingbag. Saatnya mimpi indaaahhhh...HAVE A NICE DREAM..zzzzzZZZZZzzzz..
Semoga besok menemukan semangat baru..dan melanjutkan perjalanan...

SEMANGKAWATERMELON yuraaaa....

 To be continued..

15 komentar:

  1. wah saya yang baca tulisannya aja sampe matanya pedes... tapi say bisa mijitt ko Mba santai aja ya aku pijit biar hilang tu capee..

    BalasHapus
  2. kok bsa pedes seh??kn gag ada dikasih cabe..#heran
    hehe..mkasii.

    BalasHapus
  3. hehe...meski panjang cerintaya sesuai perjalannya kali ya, tapi akhirnya habis dibaca juga, bacanya aja lelah gimana klo ikutan ya :D
    Salam hijau, damai di hati damai di bumi :D

    BalasHapus
  4. hehe..mas bisa aja..
    klo ikutan lebih asyik..
    masih ada 2 hri lgi perjalannya mas..
    msh sanggup gag bacanya??

    BalasHapus
  5. wah pacet..pernah juga ditempelin pacet.hehee

    BalasHapus
  6. wah bener bener ninja hatori. Sang petualang alam banget. Jadi lupa saya kapan yah berpetualang. Seingat saya sih waktu jaman SMU. Setelah kuliah dan lulus malah ndak pernah lagi. Eh pernah sekali waktu ada acara kantor. Tapi dengan rute yang tidak menantang.

    BalasHapus
  7. @Mr.usman :silahkan masuk mas..mau minum apa?panas, dingin, hanget2 kuku@..??

    @mbak fanny : gmn rasanya mbak??

    @mas fifin : gag juga mas..belum sberapa..hihi

    BalasHapus
  8. azik banget tuuh...
    mau dong ikutan, hehe...

    BalasHapus
  9. HWahaha.. packing adalah kegiatan yg paling menyebalkan. dan sama juga kayak kamu, kalo nggunung itu mewaaah banget, padahal kalo pas di kosan, puasa puasa deh gara-gara gak ada duit. :P

    keren euiy pake acara nyebrang sungai. pengeeenn.
    ditunggu lanjutan ceritanya yaa.. :D

    OOT: Yura dapat award di blogku. di terima yaaa.. Makasiii :D

    BalasHapus
  10. waah asyik...
    saya suka kegiatan seperti itu...
    hiking,,menjelajah alam...
    :)

    BalasHapus
  11. @izal : lam kenal jugaa...

    @wafi :iyaa ne..yee..dah telat ne. gag ksih kbar seh.

    @armae : klo gtu, kita tinggal di gunung aja, biar bsa bermewah2an..

    @zone :sama donk..toss dulu.

    BalasHapus
  12. bagus mbak yura! bener2 dora eh yura the explorer..

    BalasHapus
  13. @afifah..:hehe makasii...jdi maluu..

    BalasHapus

Buruaan komentar..selagi gratis..:D