Minggu, Januari 22, 2012

[Episode terakhir ] Berkelana di Hutan Belantara

Nungguin lanjutan cerita nya yaa...?#jdi terharuuu...aduuh, gag usah ditungguin, emg lagi bakar ikan apa...?
Cerita sebelummnya episode 1 dan episode 2..


Ohw iya, saya mau kasih tau ne..mau tau gag?? mau aja yaa..#maksabgtz.
Pas di Lawang itu, junior saya ada yg pingsan lagi. Tadi siang dia juga pingsan, malamnya juga pingsan..#Langganan pingsan. Tapi saya salut bgtz kayak gerry saluud sama junior saya ini. Kecil-kecil cabe keriting. Badannya kecil tapi tetap smngat jalann#peaceee ya dek. berat Carrier kayaknya sama berat sama badannya. Waktu itu, kita belum nyampe ditempat camp, dia mendadak dangdut eeh pingsan, cowok2 dengan sigap diriin tenda dan adek itu langsung dibopong  masuk tenda. Saya yang asyik minum energen rasa kacang ijo, langsung dicomot.
"kaak..minta energennya ya, mau dikasih sama yepi'
Tau gag, kakak lum kenyang main ambil aja..#setanyura
"oke..ambil aja.."
Yura kan baik hati kayak ibu peri *hueeek, masak pelit ngasih minuman, seandainya saya pingsan, trus gag ada yg ngasih minuman gimana coba?? Kalau di lapangan itu, kita harus punya jiwa setiakawin eeh setia kawan yang tinggi. Berhubung seksi kesehatannya ada perlu juga, jadi saya gantian jaga. Tapi, yepi belum juga bangun dan sadar. 
Akhirnya saya ajak sama orang teman tuk samperin ketenda tempat yepi istirahat. Saya pegang2 tangan ma kakinya, bangunin sambil pegang2 pipinya, dan kasih minyak telon. Kalau dia gag bangun juga, saya mau nampar pipinya dan kentutin #Sadiss. iih kejam bangetz yuraa yaa..?

Malam itu dingin bgtz, mana lupa bawa sarung tangan #kasihaaan. Makanya, saya samperin  pegang2 tangannya agar dapat kehangatan..#simbiosismutualisme. Rasanya pengen tidur ama kompor aja, biar hangat sampai mutung. Dua orang teman saya itu, kerja nya nyuapin makan, dan ngerayu supaya bangun.
'yepii..bangun donk. besok kita mau lihat danau maninjau dari puncak lawang..bagus lo pemandangannya..disitu juga paralayang..bangun yaa yepi.."#sambilmegang2pipinya.

Setelah itu, akhirnya yepi bangun juga dan disuapin makan..
Cekidot..diriin tenda..Masuk kedalam cangkang (sleepingbag).
ZzzzzZZzzz...

31 Desember 2011
Jam 4 pagi saya terbangun, gara2 junior saya yg bernama  arif konser 1 album, mana nongkrong di depan tenda saya pula. Aduuuh..hebooh deh. Ganggu tidur orang aja. Mana suaranya kayak kaleng rombeng#peace arif. Ternyata, arif itu gag tidur/begadang sambil ditemani api unggun. Tau gag kenapa dia gag tidur?? si arif itu lihat makhluk halus, jadi untuk menghilangkan rasa takut makanya si arif konser..

Hari ini malas bgtz bangun, pengennya dalam cangkang aja.Dingiiiin Bo'...
Tapi mau gimana lagi, tuntutan sebagai ibu rumah tangga harus bikin sarapan untuk keluarga. Yang benarnya masak tuk anggota kelompok kebetulan tenda saya isinya cewek semua..HeHeHe

yuuk..marii masak..

mariii makaaaaaaaan...
Selesai sarapan pagi, kita melanjutkan perjalanan kembali..
Tak lupa beresin sampah-sampah masing2 tenda. Pukul 8 pagi kami mulai jalan. Butuh sekitar 1 jam untuk sampai di objek wisata puncak lawang. Sebelum sampai di puncak lawang, kami melewati perkebunan tebu. Tebu2 ini dijadikan gula tebu. Biasanya atau populer disebut dengan saka atau gulo lawang. Pengolahannya masih tradisional, menggunakan tenaga kerbau. Kami hanya lewat saja, tidak bisa mampir. Karena target kami sore hari harus sampai di maninjau dan  menuruni bukit dulu.Ohww...capek..pegel..bahu serasa mau rontok..ternyata bahu juga bisa rontok yaa?bukan cuma rambut ma gigi aja yg rontok.

Udaranya masih dingin. Saya masih betah pake jaket. Tak terasa kami pun sampai di Puncak lawang. Itu dah keliatan kan gerbangnya...
Kebetulan juga, dalam rangka menyambut tahun baru 2012. Di puncak lawang ini diadakan berbagai acara, ada paralayang, burubabi, apalagi yaa lupaa..?liat j dispanduk nya itu...klo keliatan seh.
jgn lebar2 buka keteknya yura,bauuu...
Disebelah kiri saya itu, ada tempat orang buru babi. Buru babi disini agak berbeda dengan apa yg saya ketahui. Biasanya orang2 buru babi itu di hutan belantara. Kalau disini beda. Babinya itu ditarok dalam lapangan yg sudah dipagari, anjing2 dimasukkin pla kesana. Si anjing kejar2an deh sama babi. Kalau gag salah lihat, babinya tepar..
Dalam khayalan saya, si babi kayaknya dah nyanyi 7icon. "gak...gak..gak..gak..gak kuat..aq gak sma anjing anjing..anjing.."
Ya iyalah gag kuat, anjing ja bnyak. Babi cuma seekor. Ternyata si anjing berani keroyokan aja yaa.

Waaaaw...Pemandangannya...Kereen euy. Saya baru sekali ini ke puncak lawang. Karena belum ada kesempatan. Pas ada kesempatan, makanya saya manfaatin..

danau maninjau dilihat dari puncak lawang
cantiknya yaa euy..

ada yg main paralayang..Pengeeen

Narsis Rame-rame


Sebenarnya masih banyak foto2 lagi..tapi malas aah..upload semua. Takut dibilang narsis..#emgdahnarsis.HeHeHe

Setelah narsis sama-sama. Kitapun melanjutkan perjalanan, menuruni bukit menuju danau maninjau. Biasanya kalau dari puncak lawang ke danau maninjau klo yg  pake kendaraan  lewat kelok ampek puluah ampek (tikungan empat puluh empat)

ambil di google



ambil disini
ini foto waktu acara tour de singkarak
Hayooo..siapaa mau kesini. kasih tau yuraa yaa..#promosi. Bayangin aja tikungan tajam ne sebanyak 44 kali. Setiap tikungan ada nomornya. Bagi yang gag biasa/belum pernah, biasanya suka mabuk klo lewat kelok 44. Alhamdulillah, saya lum pernah tu. Dah sering lewat sini seh..#sombong.

Kembali ke topic.

Uhf..akhirnya kita menuruni bukit. Saya beberapa kale terpeleset. lerengnya curam euy. Dalam perjalanan, saya bertemu dengan sepasang pak tani dan buk tani yg juga menuruni bukit. Bapak dan ibuk tani itu bilang, kami salah jalan. Soalnya waktu itu bule pernah hilang disana..*panik mode on kebetulan ada 2 persimpangan jalan setapak.  Aduuuh..gimana inii..Rasanya gag mungkin disuruh kembali keatas. Teman2 yang lain dah pada duluan. Saya pun melihat dekat persimpangan itu ada tanda X nempel dipohon.

Akhirnya kami tetap melanjutkan perjalanan mengikuti jalan itu. Teman saya pun meyakini saya, semua baik2 saja. Mungkin pak tani dan buk tani itu ngelarang kita karena rute yg kita lewati sebagian kebun rakyat. Jadi, klo kita lewat sana, ntar kebunnya pada rusak. Ternyata sepertinya memang begitu. Tapi kita gag ada bikin rusak kok pak dan buk tani..

Kebetulan jalan yang kita lalui sudah jarang dilewati penduduk. Jadi, kita bikin jalur baru. Sepanjang perjalanan, saya selalu was-was takut kena daun yg bsa bikin gatal2. Jalannya yg curam membuat saya harus berjalan hati2. Walaupun begitu, saya sering juga terpeleset. Pakaian saya sudah kayak gembel, tanah2 da bnyak nempel.

'kak yuraa..kakinya berdarah..'teriak putri.
'apaa..? 'langsung singsingkan celana.
Ternyata saya digigit pacet. Darahnya dah beku. Ketika saya bersihkan, darahnya tetap aja ngalir. Dasar tu pacet main nyosor aja. setitik darah itu sangat berarti..#lebay. Darahnya tetap gag mau berhenti ngalir. Putri menyarankan saya nutupin bekas gigitan pacet dengan tembakau. Saya pun nyari cowok yg bawa rokok dan minta tembakaunya. Kirainnya saya mau ngerokok. HELLLOOOO..masak kakak secantik ini ngerokok..
Saya ambil tembakau dan membasahinya dengan sedikit air, lalu ditempelkan dibekas gigitan pacet.

Jalannya yg curam membuat kita harus saling kerja sama. Saling berpegangan dan saling mengingatkan. Alhamdulillah kita semua saling membantu.
'pegang akar itu kak...pegang tangan saya kak.. jangan injak itu kak.. lewat sini aja kak..hati-hati kak..bla..blaa.. '
Mungkin seperti itu lah aba-aba/peringatan yang dikasih tau sama junior saya yg baik hati  si alfin chipmunk dan Patrick. Junior emang peduli ama senior..HeHeHe. Kalau saya jalan didepan mereka, saya juga kasih aba-aba seperti itu. Walaupun perjalanan sangat melelahkan, tapi dengan candaan dan gombalan gembel membuat perjalan menyenangkan..

Setelah berjalan dan menuruni bukit selama 4 jam, akhirnya danau maninjau keliatan juga..*sedikit legaa. Berarti sebentar lagi kita akan sampai ditepi danau maninjau.

Danau Maninjau  dari kejauhan
Akhirnya kami menyusuri perkampungan, namanya Bayur. Bayur ini adalah kampung Bapak Bachtiar chamsyah, mantan mentri sosial (klo gag salah, betul kan???). Selain itu kami juga istirahat sebentar di sebuah mushala sekalian shalat dan ngecas kamera. Ternyata mushala tempat saya istirahat itu diresmikan oleh Bapak Bachtiar chamsyah. Soalnya ada nama dan tanda tangannya menempel di dinding mushala.




Setelah melepas lelah sejenak, kami melanjutkan perjalanan kembali. Kebetulan air minum saya habis, saya nampung air kran mushala  tuk bekal di perjalanan..tenang air nya bersiih kok..alamii dari perbukitan..aslii looo..


Jepretan selama perjalanan menuju Danau Maninjau..

Danau Maninjau dari kejauhan
Capek euy...


Rasanya melihat Danau Maninjau dari kejauhan gak sabaran secepatnya nyampe di pinggir danau. Badan ini mau rontok saja. Kasur sma guling di rumah udah terbayang, serasa memanggil..*lebay.

Selama perjalanan saya sibuk moto bunga, semut, kumbang, pokok nya..semua yg nampak di foto. salah satu nya ini..sampai2 junior bilang saya senior gila. biz kurang kerjaan..Aah gag penting buat saya, yg penting saya heppi salma..lhaa?? Bagus kan jepretan saya ini..?

gag tau apa nma bunga nya..
Danau Maninjau serasa memanggil2 dari kejauhan. Jam 5 sore saya sampai di Jalan lintas Maninjau Bukittinggi. Tapi, tempat ngecamp lumayan jauh sekitar 5-8 km. Kami dah pada capek, rasanya gag kuat lagi klo harus jalan. LIAT aja tampang2 orang dibawah ini...

*nyanyiin 7icon
Ngegembel

Berhubung sudah pada gag kuat jalan, makanya kami mencegat (disewa) mobil truk tuk antarin kami ke tujuan.



Mimpi apa saya semalam, naik truk bau pakan ikan tuk keramba yg ada di danau maninjau. Rasanya saya kayak sapi yg mau dikorbankan pas idul adha naik truk segala. Saya ngakak2 aja di truk, kok saya bisa naik truk. Berhubung mau acara tahun baruan, jalanan rame pula, jadi truk suka rem mendadak gtu, mana gak ada tempat pegangan kayak di Bus. Sumpaah..pengalaman yg tak terlupakan..SESUATU bgtz deh.

Truk yg kami tumpangi gag bisa langsung mengantar lokasi Camp, karena emang gag bisa dilalui truk. Kami harus jalan kaki dulu melewati persawahan.

Tak terasa kami pun sampai di pinggir Danau Maninjau..Senangnya gag ketulungan. Capek selama perjalanan serasa terobati  melihat pemandangan Danau Maninjau.

Melihat air danau, para cowok langsung mandi. Soalnya 3 hari perjalanan gag mandi2..Baauuuu...

ngintip cowok mandi aah..*dsar ganjen

Danau Maninjau di kala senja


Tak terasa malam pun menjelang. Dalam hitungan jam tak terasa tahun pun berganti. Tak terasa juga kalau saya dah 3 hari gag mandi2..HiHiHi maksudnya gag mandi pke air, mandinya cuma pke tissu basah.
Malamnya kita bakar ikan. Berhubung junior saya punya tambak ikan atau keramba di Danau Maninjau, jadi dia sumbangin ikannya tuk kita bakar. Alhamdulillah GRETOONG boo..alias Gratisss..tiss tiss..

Saya pun kebagian tugas tuk bersihin ikan..*alamak. Kira2 ikannya berjumlah 100 ekor. Jam 12 malam aja, ikan2 itu masih dibersihkan. Kembang api dan terompet dah pada bunyi di sekeliling danau. Saya malah masih ngurusin ikan. Tapi gag apa lah, tetap enjoy kok ditemani junior yg gokil2 habis.,*tsaaah.

Saya pun ngomong sama junior saya si alfin chipmunk..
"tak terasa yaa fin, kita dah se tahun gag pulang ke rumah, dah se tahun gag mandi , dah se tahun gag boker, dah se tahun jadi penjual ikan tpi gag ada untung2nya.."
"hahaha..iya yaa kak, yaa udah biar saya buat status di FB kayak itu dijamin bnyak yg komen kak" 
"good idea fin.."
Akhirnya si alfin pnjam BB  yg masih hidup tuk up date  status.

marii..dipilih..dipiliih...
Setelah makan ikan bakarnya..saatnya TIDURRRRRRRRRR....

1 Januari 2012
Pagiiiiiiiii duniaaaaa *sambil ngelap iler...tak terasa udara pagi ini dah 2012 aja. Walaupun dah tahun baru tapi saya tetap bau..*gagbau2amat

Akhirnya saya pun menceburkan diri ke dalam danau maninjau bareng teman2 walaupun gag bisa berenang. Dari bayi sampai sekarang gaya berenang masih gaya itu aja, berenang gaya batu. Bagi yag tidak mau mandi, dengan segala penghormatan diseret secara paksa..

Selesai mandi dan makan. Saatnya packing2 untuk kembali ke Kota Padang tercinta ku jaga dan ku bela..*tsaah.

Klo sudah wangi jangan lupa begaya di depan kamera yaa...

korban banjir...wkwkwk




Setelah bernarsis ria..waktunya kembali ke Padang..

Nunggu BMW ke Padang
Tak terasa yaa..waktu 4 hari telah terlewati. 4 hari yg membuat hidup saya tidak normal *cieeleeh bhasanya. Walaupun begitu, pokonya berkesan deh. 4 hari gak mandi, cuma dilap pke tisu. 4 hari Gak ada boker. 4 hari baju gag ganti2, kita cuma bwa baju 3 stel. 1 stel baju lapangan, 1 stel baju tuk tidur dan 1 stel baju ganti pas balik ke Padang. Wajah dah mutung kayak pantat kuali. Sebelum makan jarang nyuci tangan, klo di lapangan berlaku pepatah "cuci tangan itu sesudah makan"*hemat air bo' kdang dilap aja pke tisu. Alhamdulillah gag pernah cacingan tu..wkwkwkwk

4 hari itu juga, saya bisa semakin belajar arti kebersamaan, kekompakkan dan kepedulian. Suatu saat kita akan kangen masa2 ini kawan..masa2 ngegembel yg tak terlupakan *tsaah..Berani kotor dan Bau itu baik kawan..*iklan

Selama perjalanan pulang,  yg terpikirkan dalam benak saya ketika sampai adalah LULURAN. Sepertinya ketebalan daki saya sudah mencapai 1 M..*lebay.









6 komentar:

  1. jadi kangen ke gunung lagi...

    kangen puncak lawang
    eh nyampenya ke taman lawang mulu...

    BalasHapus
  2. wah perjalanan yang sangat panjang ,saya sampai terlarut mengikuti alur ceritanya,walaupun lelah tapi sepertinya menyenangkan ya ?

    BalasHapus
  3. adu bagus amat tuh pemandangannya. birunya keren

    BalasHapus
  4. @mas rawins :pas liburan ajak buk e mndaki mas..hihi
    lhaa??nyasar donk mas..

    @mas alkahfi :hehe..iya mas.4 hari 3 malam jalan kaki..yaa bgtu lah mas klo dinikmati semua terasa menyenangkan.

    @mbak fanny :iyaa mkasi mbak..ayoo ksni aja mbak, biar bisa lihat langsung..*promosi

    BalasHapus
  5. Saleum,
    Saya sangat suka dengan cara kalian yang tak lupa beresin sampah-sampah disekitar tenda masing2. karena dengan adaya budaya demikian akan terwujut alam yg bersih. Saya juga mantan pendaki. baca kisah ini rasanya pingen terjun lagi untuk hiking. haha
    salam kenal ya...

    BalasHapus
  6. @mas dmilano :hehe..ayoo mendaki lagi mas..iya mas.klo sampah bertebaran itu gag enk liatnya. lgian smpah kita, gk mgkin kan orang lain yg beresin..

    BalasHapus

Buruaan komentar..selagi gratis..:D